Pixel Codejatimnow.com

Duh... Penanganan Jalan Rusak dan Berlubang di Sidoarjo Dinilai Lamban

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Zainul Fajar
Jalan rusak dan berlubang di Sepanjang Indah Sidoarjo perbatasan Surabaya (Foto: Asta for jatimnow.com)
Jalan rusak dan berlubang di Sepanjang Indah Sidoarjo perbatasan Surabaya (Foto: Asta for jatimnow.com)

jatimnow.com - Jalan rusak dan berlubang di beberapa titik dalam wilayah Sidoarjo banyak dikeluhkan warga, hingga menjadi sorotan wakil rakyat setempat.

Anggota Komisi C DPRD Sidoarjo, M. Nizar menilai Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBM SDA) lamban dalam menangani permasalahan jalan rusak dan berlubang tersebut.

"Banyak keluhan masyarakat yang datang kepada kami terkait jalan berlubang dan rusak. Padahal banyak korban jiwa akibat lubang tersebut. Namun pihak BMSDA PU tidak segera melakukan perbaikan, minimal penambalan," terang Nizar, Jumat (17/2/2023).

Menurut Nizar, Dinas Pekerjaan Umum Sidoarjo harusnya lebih cepat dalam merespon keluhan masyarakat. Apalagi intensitas hujan saat ini cukup tinggi, sehingga menyebabkan banyaknya ruas jalan yang rusak dan berlubang.

"Biar tidak ada lagi korban jiwa, tolong dinas BMSDA PU membuat action plan untuk mengatasi masalah jalan rusak dan berlubang seperti ini. Ini masalah klasik dan terus berulang. Waktu belum ada inovasi untuk mencari solusi, harusnya kita tunggu korban berjatuhan dulu baru bergerak? Ini konyol," terangnya.

Sementara Kepala Dinas PU BMSDA Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengaku telah memetakan titik-titik kerusakan jalan di wilayahnya.

Baca juga:
89,25 Persen Jalanan di Jatim Berstatus Mantap, Siap Dilalui Pemudik

"Untuk mengatasi kerusakan ringan di jalan yang tidak ada campur tangan kegiatan pihak ketiga, akan diperbaiki oleh satgas dengan sistem swakelola. Sedangkan untuk kondisi kerusakan berat, kami sudah menyiapkan kontrak perbaikan," jelas Dwi.

Terkait kerusakan jalan yang parah di Desa Damarsih, Dwi menudingnya sebagai dampak kegiatan yang dilakukan pihak ketiga.

"Tetap akan kami tangani. Nanti akan kami panggil instansi yang punya proyek SPAM (Pipa Air Minum) agar bisa segera diperbaiki," pungkasnya.

Baca juga:
Pj Wali Kota Malang Target Perbaikan Jalan Berlubang Tuntas Sebelum Lebaran

Penampakan jalan-jalan rusak dan berlubang di Sidoarjo (Foto: Dok. Zainul Fajar/jatimnow.com)