Pixel Codejatimnow.com

Internasional Tourism Paragliding Festival Promosikan Kota Batu ke Kancah Dunia

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Galih Rakasiwi
Paralayang di Kota Batu. (IG: Paralayang Kota Batu)
Paralayang di Kota Batu. (IG: Paralayang Kota Batu)

jatimnow.com - Dinas Pariwisata Kota Batu bakal menggelar Batu International Tourism Paragliding Festival. Terlebih wisata Paralayang Gunung Banyak Kota Batu merupakan destinasi wisata unggulan di Kota Batu yang memadukan sarana olahraga paralayang dan rekreasi.

Melihat potensi tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa destinasi wisata paralayang gunung banyak memiliki pesona pemandangan yang menakjubkan. Kelebihan tersebut menjadi nilai tersendiri bagi Kota Batu untuk mengundang atlet olahraga dirgantara dari seluruh daerah dan dunia.

"Melihat potensi tersebut Disparta bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bakal menggelar Batu International Tourism Paragliding Festival. Rencananya agenda bertajuk Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 akan digelar pada tanggal 6-9 Juli 2023," katanya, Sabtu (18/2/2023).

Event akan semakin meriah pasalnya akan mengundang beberapa atlet paralayang nasional dan internasional. Pada event tersebut nantinya akan memperlombakan beberapa kategori meliputi overall, team, women dan junior.

"Untuk berpartisipasi Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 peserta cukup membayar biaya pendaftaran 80 Euro. Peserta akan mendapatkan fasilitas antara lain akomodasi 4 malam, transportasi dari airport ke hotel, dan fasilitas lainnya," bebernya.

Baca juga:
Dear Musafir! Masjid Agung Kota Batu Sediakan 500 Takjil dan Menu Berbuka Gratis

Pihaknya optimistis event ini akan diikuti banyak peserta. Pasalnya event yang digelar di Gunung Banyak bakal memberikan suguhan bagi para atlet dan pengunjung dengan keindahan alam Kota Batu dari ketinggian 1.315 meter di atas permukaan laut (DPL).

"Apalagi sebelumnya di tahun 2018, kejuaraan paralayang taraf internasional bertajuk Paragliding Accuracy World Cup 2018 seri 3 sukses digelar di Kota Batu. Tentunya dengan melibatkan atlet nasional dan internasional," paparnya.

Baca juga:
Ledakan Petasan Tewaskan 1 Orang, Polres Batu Tangkap Kakak Adik Penjual Bahan

Pihaknya berharap dengan adanya event tersebut juga mampu mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga target kunjungan wisatawan tahun ini sejumlah 10 juta wisatawan bisa terpenuhi.

"Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu pada saat Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 secara tidak langsung perekonomian di Kota Batu bakal terus bergeliat. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mempromosikan wisata minat khusus di Kota Batu secara internasional," pungkasnya.