Pixel Codejatimnow.com

Bandit asal Sampang Pencuri 5 Motor di Surabaya Digulung, Susu Anak jadi Alasan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Zain Ahmad
Sariman  diamankan polisi. (Foto-foto: Polsek Bubutan)
Sariman diamankan polisi. (Foto-foto: Polsek Bubutan)

jatimnow.com - Satu dari dua bandit yang kerap meresahkan warga Surabaya diamankan Unit Reskrim Polsek Bubutan. Pelaku ditangkap setelah sempat terekam CCTV mencuri motor di Jalan Tidar kota setempat.

Bandit itu adalah Sariman (24), warga Dusun Banjar Talela, Kelurahan Camplong, Kabupaten Sampang. Saat ini, ia sudah ditahan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kanitreskrim Polsek Bubutan, Iptu Vian Wijaya mengatakan, Sariman Cs merupakan target operasi (TO) timnya. Sebelum berhasil ditangkap, bandit ini kerap berpindah-pindah tempat dan cukup licin.

"Yang bersangkutan ini merupakan target kami, setelah beberapa kali teridentifikasi mencuri motor di daerah Bubutan. Terakhir kami identifikasi dia mencuri di Jalan Tidar," katanya, Rabu (22/2/2023).

Di daerah itu, Vian menyebut bahwa Sariman Cs berhasil menggasak motor Honda Vario Hitam bernopol L 2003 HT. Saat pihaknya mendapat laporan, langsung melakukan penyelidikan dan berhasil melakukan penangkapan sebelum motor curian itu dilempar ke Pulau Garam.

"Saat itu motor curiannya sudah mau dibawa ke daerah Madura. Kami yang dari awal telah melakukan profiling, akhirnya dapat mengamankan yang bersangkutan," jelasnya.

Baca juga:
Rumah di Sidoarjo Dibobol Maling, Uang Biaya Haji dan Emas Ratusan Juta Raib

Aksi Sariman terekam CCTV.Aksi Sariman terekam CCTV.

Sementara dalam pemeriksaan, Sariman mengaku setiap kali beraksi selalu berdua bersama temannya yang kini buron, yaitu E. Dia bertugas sebagai eksekutor, sedangkan temannya bagian mengawasi.

"Dari pendalaman kami, mereka ini telah mencuri sebanyak lima kali. Kebanyakan yang disasar matik. Dua di antaranya masuk di wilayah kami, lainnya di daerah Wonokromo," sebut Vian.

Baca juga:
Maling Perhiasan Rp60 Juta Ditangkap saat Ngopi di Surabaya, Kronologisnya Unik

Sedangkan dari hasil pencurian, pelaku mengaku dibuat untuk membeli susu hingga diapers anaknya yang masih berusia dua bulan. Juga beli mainan dan baju untuk anak satunya yang kini berusia lima tahun.

"Pengakuannya masih terus kami dalami. Juga termasuk memburu temannya yang kini masih kabur," pungkas mantan Kasubnit Resmob Polrestabes Surabaya.