Pixel Codejatimnow.com

Truk Muatan Pakan Benur Terguling di Jombang karena Hindari Kucing

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Elok Aprianto
Truk muatan pakan benur saat terguling di jalan nasional Surabaya-Madiun. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Truk muatan pakan benur saat terguling di jalan nasional Surabaya-Madiun. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Truk Mitsubishi nomor polisi (nopol) S 9061 NG, bermuatan pakan benur terguling di jalan nasional Surabaya-Madiun, tepatnya di jalan raya Desa Miagan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang pada Jumat (24/2/2023) pagi. Truk terguling karene hilang kendali usai menghindari kucing yang menyeberang jalan.

Akibat peristiwa itu, muatan truk berhamburan ke jalan raya sehingga membuat arus kendaraan yang melaju dari Surabaya ke Madiun, dialihkan melalui Ringroad Mojoagung.

Sunarno (60) saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, awalnya truk bermuatan pakan itu melaju dari arah timur menuju ke barat, atau dari arah Surabaya menuju Jombang.

Setibanya di lokasi, pengemudi truk menghindari kucing yang hendak menyebrang, sehingga pengemudi membanting setir ke kiri, hingga menabrak trotoar dan akhirnya truk terguling.

"Truk nggobek (oleng) kiri, naik ke trotoar nggobek (oleng) lagi gak ngatasi (tidakk terkendali) akhirnya guling (terguling) ini. Itu tadi menghindari kucing itu tadi," ungkapnya.

Ia menyebut usai terguling pakan yang dimuat truk berhamburan ke jalan. Dan sopir selamat.

"Gak ada korban, pengemudi gak apa-apa," katanya.

Sementara itu, sopir truk Mitsubishi Muhammad Rubael Danial (23) menjelaskan, awal perjalanannya dari Surabaya menuju ke Blitar untuk mengirim pakan benur itu, berjalan lancar.

Setibanya di TKP, warga Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ini mengaku menghindari kucing yang hendak menyeberang ke jalan.

Baca juga:
Truk Tangki Muat Minyak Goreng Terguling di Parit Tol Waru Sidoarjo

"Dari Surabaya mau kirim ke Blitar. Terus ada kucing langsung nyebrang saat itu saya ada di lajur kiri. Menghindari kucing. Terus reflek saya banting ke kiri. Nabrak trotoar terus terguling," paparnya.

Ia menyebut usai terguling truk sempat terseret sejauh 20 meter dan akhirnya berhenti dengan posisi melintang di jalan.

"Ya sempat terseret sampai kendaraan menghadap ke utara. Truk ini muatan pakan benur 8 ton," jelasnya.

Baca juga:
Truk Pengangkut Pasir Terguling Depan RM Sinjay Bangkalan, Sopir Ngantuk?

Akibat peristiwa ini, arus kendaraan yang melaju dari arah timur menuju ke barat atau dari arah Surabaya menuju ke Madiun, sedikit terhambat. Sehingga arus lalulintas dialihkan ke Ringroad Mojoagung.

"Arus lalulintas sebagian dialihkan ke Ringroad. Karena masih ada evakuasi kendaraan truk dan pakan," ungkap Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Anang Setyanto.

Ia mengatakan saat ini peristiwa laka tunggal ini masih dalam penanganan Gakkum Satlantas Polres Jombang.

"Untuk penyebab kecelakaan masih kita dalami. Karena selain menghindari kucing, truk itu juga kelebihan muatan," pungkasnya.