Pixel Codejatimnow.com

Hadiri Haul Akbar Ponpes Assalafi Al Fitrah, Khofifah: Bangkitkan Ruh Pendiri

Editor : Redaksi  
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri haul akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah di Surabaya. (foto-foto: Biro Humas Pemprov for jatimnow.com)
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri haul akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah di Surabaya. (foto-foto: Biro Humas Pemprov for jatimnow.com)

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Majlis Dzikir, Maulidurrasul SAW dan haul akbar Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Jalan Kedinding Lor 99 Surabaya yang digelar pada Sabtu (25/2/2023) malam.

Bersama puluhan ribu jemaah dari penjuru tanah air dan mancanegara, Khofifah terlihat turut memanjatkan doa, melantukan dzikir dan membangkitkan spiritualitas global antar-ummat Islam dunia yang telah dibangun mursyid akbar al khidmah.

Kekuatan haul akbar Ponpes Assalafi Al Fitrah ini sekaligus menjadi episentrum untuk membangun Islam rahmatan lil 'alamin. Islam penebar kasih dan damai yang resonansinya terbangun secara global.

Haul akbar yang digelar pada bulan Sya'ban tiap tahunnya ini menjadi spesial. Sebab tahun ini merupakan yang pertama kalinya digelar untuk masyarakat atau jamaah dari luar Ponpes.

Sebelumnya kegiatan ini kerap diselenggarakan terbatas, sehingga ruh dan kekuatan gravitasi majelis ini bangkit kembali setelah pandemi Covid-19.

"Antusiasme seluruh jamaah yang hadir hingga dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan berbagai negara dari Timur Tengah ini adalah wujud kekuatan resonansi spiritual yang dibangun mursyid akbar al khidmah KH. Achmad Asrori Al Ishaqy secara global," kata Khofifah dalam keterangan resminya.

"Momen ini menunjukkan sebuah ukhuwah islamiyah yang luar biasa. Di mana puluhan ribu jamaah dengan tertib dan khusyuk melantunkan dzikir mohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT, serta membaca sholawat nabi memuliakan kekasih Allah Rosulullah Muhammad SAW. Semoga kita semua mendapat syafaat Rasulullah Muhammad SAW. Amin," lanjut Khofifah.

Baca juga:
Kini Pecah KK di Surabaya Harus Pisah Rumah, Benarkah?

Khofifah menambahkan, bahwa keguyuban semacam ini juga wujud kekuatan yang membawa berkah bagi masyarakat di sekitar pondok pesantren, kota Surabaya bahkan Jawa Timur. Menjadi agenda tahunan yang dinanti-nanti, Haul Akbar KH. Achmad Asrory Al Ishaqy, diharapkan pula menjadi penyemarak dan pengungkit UMKM di sekitar ponpes.

"Pedagang-pedagang kecil, UMKM di sekitar sini, bisa kita lihat sangat banyak. Bersama-sama, semoga kita bisa ngunduh berkah melalui haul akbar ini," ujar Khofifah.

Yang juga tidak kalah penting, lanjutnya, melalui kegiatan yang berskala besar ini menjadi kesempatan pemberdayaan ekonomi Santri atau santriprenuer. Khofifah menyebut bahwa Pemprov Jatim akan terus berkomitmen mendukung pemberdayaan ekonomi Ponpes melalui program One Pesantren One Product.

Baca juga:
MUFG Dukung Danamon dan Adira Finance Beri Promo Menarik di IIMS Surabaya

"Iklim semacam inilah yang harus kita jaga dan tumbuh kembangkan. Iklim yang mendukung perputaran roda perekonomian dari lini terbawah," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah juga menyempatkan diri untuk ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Hadhrotusy Syeikh KH. Achmad Asrory Al Ishaqy .

Sebagai informasi, Haul Akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah 2023 ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 25-26 Februari 2023. Haul Akbar tahun ini selain diikuti jamaah dari dalam dan luar negeri, juga dihadiri berbagai ulama dan guru besar dari berbagai negara.