Pixel Codejatimnow.com

Dapat Penghargaan Adipura, Bupati Jombang Berikan Reward pada Tenaga Kebersihan

Editor : Redaksi  Reporter : Advertorial
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat memberikan hadiah atau reward pada tenaga kebersihan.(foto: Humas Pemkab Jombang for jatimnow.com)
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat memberikan hadiah atau reward pada tenaga kebersihan.(foto: Humas Pemkab Jombang for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang langsung gelar tasyakuran setelah berhasil meraih penghargaan Adipura kategori Kota Sedang dari Kementerian Lingkungan Didup dan Kehutanan (KLHK).

Selain tasyakuran, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab juga memberikan reward atau penghargaan pada para tenaga kebersihan yang dinaungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan, Piala Adipura merupakan lambang supremasi keberhasilan pembangunan bidang lingkungan hidup.

"Saya menerima penghargaan Adipura dari Presiden RI yang diwakili oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, pada 28 Februari kemarin, di Jakarta," ungkapnya, Kamis (2/3/2023).

Ia mengaku bersyukur atas apresiasi yang diberikan, karena Pemkab Jombang merupakan salah satu kabupaten yang dianggap berhasil menunjukkan kinerjanya. Yakni melaksanakan komitmen pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Jombang saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, seluruh kader lingkungan di pemukiman, sekolah, pondok pesantren, desa, seluruh tenaga kebersihan, serta seluruh penggiat lingkungan yang telah berkomitmen, berfikir dan bekerja bersama untuk pencapaian semua ini yang pada akhirnya menerima Adipura," bebernya.

Baca juga:
Ratusan Lansia Ikuti Pesantren Kilat Ramadan di Jombang, Sejuknya...

Selain itu, ia mengatakan, penghargaan Adipura ini bukan hanya merupakan simbol. Ke depan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus membudayakan perilaku bersih dan kesadaran bersama menjaga serta memelihara lingkungan hidup.

"Sehingga dapat mempertahankan Kabupaten Jombang yang unggul dalam pengelolaan lingkungan," jelasnya.

Dalam ketearngannya, ia menjelaskan sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat QS. Ar-Rum: 41, “Telah tampak kerusakan di darat dan laut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Baca juga:
Mobil Sigra Terbalik Usai Tabrak Terios dan Yamaha Vega di Jombang

"Dalam ajaran Islam telah mengajarkan tata kelola sampah mesti dikerjakan secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan, pemanfaatan, serta penanganan sampah," pungkas Bupati. (ADV)