Pixel Codejatimnow.com

Petrokimia Gresik Gelar Pasar Rakyat dan Bazar UMKM Sambut Ramadan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sahlul Fahmi
Stafsus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) saat meninjau Pasar Rakyat dan Bazar UMKM (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Stafsus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) saat meninjau Pasar Rakyat dan Bazar UMKM (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Petrokimia Gresik perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menggelar Pasar Rakyat dan Bazar UMKM" di Stadion Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/3/2023). Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum jelang Ramadan 1444 H.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Staf Khusus (Stafsus) III Menteri BUMN, Arya Sinulingga tersebut, Petrokimia menyediakan 4.000 paket sembako murah berisi beras sebanyak 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 1 kilogram yang dijual Rp55 ribu.

Adapun rinciannya 3.500 paket untuk masyarakat sekitar perusahaan dan 500 selebihnya untuk pengunjung dari binaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Dalam sambutannya, Staf Khusus (Stafsus) III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, berharap Petrokimia Gresik bisa memberikan manfaat lebih besar untuk masyarakat.

"Kita harus bisa memberikan manfaat, termasuk pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan," kata Arya.

Arya melanjutkan, kaitannya dengan pemberdayaan, silakan Petrokimia Gresik berkolaborasi dengan PNM. Petrokimia Gresik nanti memberikan pelatihan, sementara PNM memberikan modal sehingga pelatihan yang sudah diperoleh sebelumnya, dilanjutkan dengan usaha akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Berapapun kebutuhan permodalan dari masyarakat Gresik kami akan siap bantu, untuk kesejahteraan dan mengurangi tingkat pengangguran," tandasnya.

Baca juga:
Ribuan Petani Gresik Serbu Paket Murah Pupuk Indonesia 2024

Sementara Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, secara terpisah menyampaikan kegiatan ini merupakan sinergi Petrokimia Gresik dengan Kementerian BUMN.

Perusahaan melalui kegiatan ini juga ingin memberikan solusi bagi masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga pada beberapa bahan baku, khususnya menjelang Ramadan seperti sekarang.

"Ramadan kurang tiga pekan lagi. Jelang bulan puasa seperti sekarang ini akan dibarengi kenaikan harga sembako di berbagai daerah. Kami ingin memberikan alternatif harga jual yang lebih terjangkau untuk beras dan bahan-bahan pokok kebutuhan lainnya," ucap Dwi Satriyo.

Dalam gelaran Pasar Rakyat dan Bazar UMKM ini, Petrokimia Gresik juga memfasilitasi 50 UMKM binaan yang berasal dari Kabupaten Gresik.

Baca juga:
Petrokimia Gresik Libatkan Masyarakat Sekitar Ikuti Lomba K3

"Petrokimia Gresik dalam menjalankan usahanya tidak hanya menghasilkan produk berkualitas untuk memajukan pertanian di Indonesia, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), perusahaan juga mendorong kesejahteraan masyarakat dengan pendampingan UMKM," jelasnya.

Dwi Satriyo menambahkan, kegiatan ini selaras dengan arahan Menteri BUMN RI, Erick Thohir untuk memfokuskan Anggaran TJSL pada bidang lingkungan, pendampingan UMKM dan bidang pendidikan. Seperti diketahui, dalam pendampingan UMKM, Petrokimia Gresik memiliki program bernama Mitra Kebanggaan (Mangga) dan telah membantu ratusan UMKM yang tersebar di berbagai daerah.

"Bazar UMKM ini sekaligus menjadi salah satu program pendampingan dari perusahaan untuk sarana promosi dan penjualan. Melalui kegiatan ini produk mereka dapat dikenal dan memudahkan dalam membangun jaringan usaha," ujarnya.