Pixel Codejatimnow.com

Machmud Dicopot dari Ketua Fraksi Demokrat DPRD Surabaya

Editor : Rochman Arief  Reporter : Ni'am Kurniawan

jatimnow.com - DPC Partai Demokrat Surabaya resmi mencopot Mochamad Machmud sebagai Ketua Fraksi Demokrat-NasDem di DPRD Surabaya. Selanjutnya posisi Machmud akan digantikan Ketua Fraksi sebelumnya, Herlina Harsono Njoto.

Pencopotan itu tertuang dalam surat bernomor 03/EXT/DPC.PD/SBY/II/2023, yang ditandatangani Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari dan Sekretarisnya Junaedi, tertanggal 27 Februari 2023, di Surabaya.

Selain menjabat Ketua Fraksi Demokrat Surabaya juga menugaskan Herlina Harsono Njoto ke dalam Badan Anggaran. Saat dihubungi, Lucy Kurniasari tidak menampik adanya perubahan tersebut.

"Pergantian Ketua Fraksi Partai Demokrat-Nasdem DPRD Kota Surabaya dari Muhammad Machmud ke Herlina Harsono Njoto hanya rutinitas," ujar Lucy, saat dikonfirmasi jatimnow.com, Jumat (3/3/2023) malam.

Menurut Lucy, dicopotnya Machmud dari Fraksi Demokrat DPRD Surabaya agar bisa lebih fokus dalam tim pemenangan Demokrat di Surabaya.

Lucy juga menambahkan, sebelum dicopot, Macmud disebut telah lama mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Namun baru diterima secara resmi pada 10 Februari 2023.

"Fraksi adalah kepanjangtanganan partai, sehingga apa pun yang dilakukan oleh anggota fraksi tentunya harus dikordinasikan dengan DPC. Jadi tidak boleh jalan sendiri tanpa koordinasi dengan partai," jelas dia.

Baca juga:
DPC Demokrat Usulkan 4 Nama jadi Ketua DPRD Pacitan, Siapa Saja?

Sementara itu, Herlina Harsono Njoto saat ditanya mengakui pergantian kali ini merupakan penyegaran alat kelengkapan partai semata.

"Ini hal yang wajar-wajar saja dalam dinamika fraksi, penyegaran dan reposisi adalah hal yang biasa," katanya.

"2019 saya pernah menjadi ketua fraksi. Pada Desember 2020, posisi Ketua Fraksi digantikan Pak Machmud. Sekarang 2023, saya ditugaskan kembali oleh partai menjadi ketua fraksi," sambung dia.

Kembalinya amanah ini, lanjut Herlina, tak ada yang perlu dirayakan secara berlebihan. Ia mengaku ingin fokus pada pemenangan Demokrat di Kota Pahlawan.

Baca juga:
DPC Demokrat Raih 5 Kursi DPRD Ponorogo, Bertahan sejak 2019

"Hal ini sepenuhnya kewenangan DPC Partai Demokrat. Sebagai kader partai, jabatan tidak boleh diminta tapi harus siap ditugaskan di mana saja," tandasnya.

Berdasarkan pantauan jatimnow.com, hingga Sabtu (4/3/2023) media sosial instagram pribadi milik Mochamad Machmud dengan nama @cakmachmud masih mencantumkan namanya sebagai Ketua Fraksi Demokrat-NasDem DPRD Surabaya.

Sementara Lucy menjelaskan jika pengunduran diri Machmud sebagai Ketua Fraksi sudah dilakukan sejak lama. Namun baru resmi bersurat pada 10 Februari 2023.