Pixel Codejatimnow.com

Mensos Sambangi Ipin, Remaja yang Rawat 3 Adik dan Ibu ODGJ

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Fathor Rahman
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyambangi Moh. Syarifin. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyambangi Moh. Syarifin. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi rumah Moh Syarifin (16) atau biasa dipanggil Ipin di Desa Longkek, Kecamatan Galis, Bangkalan. Risma ingin melihat secara langsung kondisi keluarga remaja yang merawat tiga adiknya yang masih balita dan ibunya yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ) tersebut.

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan untuk memulihkan kondisi ibu Ipin yakni Mesda (38). Menurutnya, Mesda perlu segera disembuhkan agar empat anaknya bisa terawat dengan baik.

"Saya sudah janjian dengan psikiater untuk segera membantu memulihkan Bu Mesda. Jadi tidak perlu dibawa ke (Rumah Sakit Jiwa) Menur," ucapnya, Minggu (5/3/2023).

Menurutnya, Mesda bisa sembuh lebih cepat. Sebab, ia masih bisa terus distimulasi untuk merespons saat diajak bicara. Sehingga memang diperlukan bantuan tenaga ahli yang secara intens melakukan terapi pemulihannya.

"Tadi saya ajak ngobrol dan saya pancing memori-memorinya itu masih nyambung. Memang harus dilatih terus dan distimulasi. Insya Allah bisa cepat sembuh," tambahnya.

Baca juga:
Bawaslu Bangkalan Rekom 12 TPS Lakukan PSU, KPU Hanya Setujui 3 Lokasi

Ia juga mengaku akan memberikan bantuan pada empat anak Mesda itu. Sebab, kondisi ekonomi keluarga tersebut cukup sulit, apalagi ayah Ipin saat ini masih berada di dalam penjara.

"Kami juga akan terus suplai untuk kebutuhan sehari-harinya agar anak-anak tercukupi kebutuhan dan gizinya," imbuhnya.

Baca juga:
Menengok RSUD Syamrabu Bangkalan, Ada Caleg Depresi yang Ditangani?

Selain itu, dengan kondisi yang ada saat ini, Ipin belum bisa langsung sekolah. Sebab, tiga adiknya selalu mengikuti dan dirawat oleh Ipin.

"Untuk Ipin juga akan kami perhatikan pendidikannya, baik itu diberikan pelatihan skil ataupun potensi apa yang dia bisa. Yang pasti semuanya akan menjadi perhatian kami," pungkasnya.