Pixel Codejatimnow.com

Bukan Dicopot! Tapi Machmud Mundur dari Ketua Fraksi Demokrat DPRD Surabaya

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Ni'am Kurniawan
Mochamad Machmud (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Mochamad Machmud (Foto: Tangkapan layar Instagram)

jatimnow.com - Mochamad Machmud menyatakan bahwa dirinya mengundurkan diri dan bukan dicopot sebagai Ketua Fraksi Demokrat DPRD Surabaya.

"Saya mengundurkan diri sudah lama, sejak 2022 lalu, cuman nggak didengar," ujar Machmud kepada jatimnow.com, Minggu (5/3/2023).

Machmud kini digantikan ketua sebelumnya Herlina Harsono Njoto. Pergantian itu ditandatangani Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari dan Sekretaris Junaedi, dalam surat Nomor: 03/EXT/DPC.PD/SBY/II/2023.

"Jadi beda makna lah, antara dicopot dan mengundurkan diri itu. Yang pasti saya mengundurkan diri," tegas Machmud.

Dalam surat yang terbit pada 27 Februari 2023 itu, tertulis jika DPC Demokrat Surabaya memutuskan pergantian jabatan Ketua Fraksi Demokrat-NasDem di DPRD Surabaya.

Baca juga:
Daftar Lewat Demokrat, Tekad Sugiri dan Lisdyarita Maju Lagi di Pilbup Ponorogo

"Maka dengan ini kami Dewan Pimpinan Cabang Partai Demorkat Surabaya memutuskan perlu adanya pergantian Ketua Fraksi Demokrat-NasDem DPRD Kota Surabaya, semula dijabat oleh MOCHAMAD MACHMUD, S.Sos., M.si digantikan HERLINA HARSONO NJOTO, S.Psi. M.Psi, Psikolog," bunyi surat tersebut.

Sebelumnya, Ketua Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari menyatakan, sebelum diganti, Macmud telah lama mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Namun baru diterima secara resmi pada 10 Februari 2023.

"Fraksi adalah kepanjangtanganan partai, sehingga apa pun yang dilakukan oleh anggota fraksi, tentunya harus dikordinasikan dengan DPC Partai Demokrat. Jadi tidak boleh jalan sendiri tanpa koordinasi dengan partai," terang Lucy kepada jatimnow.com, Jumat (3/3/2023) malam lalu.

Baca juga:
Dirham Akbar Daftar Bacawabup ke Demokrat Lamongan, Ambisi Dampingi Pak Yes?

Lucy menambahkan, selain menugaskan Herlina sebagai Ketua Fraksi Demokrat DPRD Surabaya, partai juga mengamanahkan Herlina sebagai Anggota Badan Anggaran (Banggar).

"Pergantian Ketua Fraksi Partai Demokrat-Nasdem DPRD Kota Surabaya dari Muhammad Machmud ke Herlina Harsono Njoto hanya rutinitas semata," ujar Lucy.