Pixel Codejatimnow.com

Cakupan Kerja PMI Lamongan Diperluas, Kini Hadirkan Layanan di Kecamatan

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Pelantikan pengurus PMI kecamatan se Lamongan oleh Bupati Yuhronur Efendi (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Pelantikan pengurus PMI kecamatan se Lamongan oleh Bupati Yuhronur Efendi (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Lamongan memperluas lingkup kerjanya dengan melantik pengurus di seluruh kecamatan.

Nantinya, pelayanan yang diberikan PMI diharap bisa semakin maksimal dengan adanya pengurus di 24 kecamatan di Lamongan.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (Pak Yes) menyampaikan bahwa PMI kecamatan nantinya dapat bersinergi dengan fasilitas kesehatan serta OPD terkait. Sehingga lebih sigap tanggap darurat untuk masyarakat.

Pak Yes menambahkan, kontribusi dan kerjasama yang dilakukan PMI bersama OPD terkait selama ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"PMI sebagai elemen dalam mengurus kemanusiaan berkontribusi besar terhadap hal ini, Alhamdulillah capaian IPM Tahun 2022 74,02 (kategori baik) begitu pula dengan indeks kesehatan," terang Pak Yes, Senin (6/3/2023).

Baca juga:
538 ASN Berstatus PPPK di Trenggalek Dilantik, Wabup Beri Pesan Ini

Pelantikan ini dihadiri seluruh kepala sekolah SMP hingga SMA sederajat. Pak Yes juga mengucapkan apresiasi kepada pengurus PMI kecamatan, sebagai kelengkapan organisasi PMI Lamongan yang dibentuk untuk mendekatkan pelayanan PMI kepada masyarakat, juga memiliki tugas untuk membina relawan di wilayahnya masing-masing.

"Berbagai capaian yang diperoleh menunjukkan bahwa apa yang telah kita lakukan menunjukkan track yang baik, menuju arah yang positif. Dengan kehadiran pengurus PMI tingkat kecamatan yang baru saja dilantik ini akan semakin meningkatkan kinerja PMI Lamongan serta semakin dekat dengan masyarakat. Tidak hanya bisa menyediakan darah untuk kabupaten sendiri, tapi bisa menyediakan kebutuhan darah bagi kabupaten sekitar," papar Pak Yes.

Sementara Ketua PMI Lamongan, Agus Suyanto mengatakan, PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan tidak hanya fokus pada persoalan donor darah. Namun juga hal kemanusiaan seperti bantuan bencana banjir, bantuan sosial yatim piatu, panti jompo hingga bantuan air bersih.

Baca juga:
813 Anggota PPS di Tulungagung Dilantik, Ini Tugas Pertamanya

"Selain sigap melayani donor darah, kami juga melakukan berbagai pelatihan teknis, sehingga pelayanan yang kami lakukan dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat. PMI juga membantu korban banjir, bantuan air bersih saat kemarau serta bantuan lainnya," terang Agus.