Pixel Codejatimnow.com

Harga Kebutuhan Rumah Tangga di Lamongan Naik, Pemkab Jelaskan Penyebabnya

Editor : Rochman Arief  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Salah satu pedagang di Pasar Sidoharjo Lamongan. (foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Salah satu pedagang di Pasar Sidoharjo Lamongan. (foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah komoditas kebutuhan rumah tangga di Lamongan mulai mengalami kenaikan harga. Beberapa komoditas yang terpantau harganya naik meliputi cabai, tomat hingga bawang merah dan bawang putih.

Lastri, salah satu pedagang di Pasar Sidoharjo Lamongan, menyebut jika harga kebutuhan dapur mulai naik seiring banyaknya permintaan mendekatai bulan Ramadhan.

"Mulai ada kenaikan, mungkin karena mau bulan puasa, jadi banyak warga yang belanja untuk persiapan," kata Lastri, Rabu (8/3/2023)

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamongan, Anang Taufik menyatakan stok dan ketersediaan kebutuhan pokok untuk masyarakat masih stabil dan terkendali.

"Kami akan terus melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok," ungkap Anang.

Disperindag Lamongan telah melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar induk yang mulai merangkak. Di Pasar Sidoharjo Lamongan harga cabai merah besar naik Rp5 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Baca juga:
Berkah Musim Haji, Pedagang Oleh-oleh di Lamongan Raup Untung Puluhan Juta

Kemudian cabai rawit naik dari Rp2.000 dari harga semula Rp68 ribu per kilogram, bawang putih dari harga Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram, tomat yang sebelumnya hanya Rp8.000 menjadi Rp10 ribu per kilogram, dan buncis naik Rp1.000 menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Pantauan kebutuhan di Pasar Babat juga ikut meroket. Harga cabai rawit juga terpantau naik dari semula Rp65 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram.

Sedangkan di Pasar Blimbing cabai merah besar naik Rp3.000, menjadi Rp 23 ribu per kilogram, cabai rawit naik Rp5.000 menjadi Rp75 ribu per kilogram, dan bawang merah dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Baca juga:
Pria Pamekasan Perkosa Anak Pemilik Kos di Lamongan, Modusnya Numpang Ngecas

Adapun harga kebutuhan pokok lainnya yang meliputi beras relatif stabil. Beras kualitas premium misalnya, saat ini berada di kisaran harga Rp13 ribu per kilogram. Sedangkan beras kualitas medium Rp11 ribu per kilogram dan beras medium Bulog Rp9.450 per kilogram.

Demikian pula dengan harga daging sapi terpantau stabil masih Rp110 ribu per kilogram dan harga daging ayam broiler Rp33 ribu per kilogram, serta telur ayam raas Rp25 ribu per kilogram.