Irjen Pol Machfud Arifin di Mata Ansor Jatim: Bapak Pembangunan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin bersama Abid Umar atau Gus Abid, Sekretaris PW Ansor Jawa Timur.

 jatimnow.com - Irjen Pol Machfud Arifin tidak lama lagi akan meninggalkan tongkat komando Kapolda Jatim. Namun, Machfud dinilai sukses membangun citra Polri, peduli dengan ulama dan umaro serta masyarakat. Machfud juga dinilai sebagai 'Bapak Pembangunan Polda Jatim'.

Hari ini, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menerbitkan surat telegram (ST) bernomor ST/2014/VIII/KEP/2018 tanggal 13 Agustus 2018 terkait pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim dimutasi sebagai Analis kebijakan utama bidang Sabhara Baharkam. Machfud digantikan Irjen Pol Lucky Hermawan, yang sebelumnya menjabat Wakabaintelkam Polri.

Selama kepemimpinan Machfud sebagai Kapolda Jatim sejak Januari 2017 lalu, arek Suroboyo itu mencatatkan berbagai prestasi dan terobosan pelayanan kepada masyarakat.

Abid Umar atau Gus Abid saat mendampingi Kapolda Jatim

Abid Umar atau Gus Abid, Sekretaris PW Ansor Jawa Timur pun memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Irjen Pol Machfud Arifin. Berikut ini penuturan Gus Abid, cucu dari KH Zainuddin Jazuli, Ploso, Kediri kepada jatimnow, Senin (13/8/2018).

Pak kapolda orang yang baik, yang bisa mensinergikan antara ulama dengan umaro. Dan beliau dapat menerima masukan-masukan baik dari ormas-ormas kepemudaan maupun masukan-masukan dari masyarakat dan tanggap dalam menyikapi masalah serta menyelesaikan problem-problem yang terjadi di Jawa Timur.

Ya seperti saya bilang tadi, pak Kapolda itu merupakan orang yang komplit lah. Beliau selain dekat dengan ulama, beliau dekat dengan umaro, pemimpin, terutama kepada gubernur, wakil gubernur, Forkopimda yang ada di Jawa Timur.

Beliau juga sangat dekat terhadap ormas-ormas. Beliau sangat bisa mengayomi terhadap pemuda-pemuda terutama yang ada di Jawa Timur. Baik itu level di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

Saya belum pernah melihat ada kapolda keliling. Disaat pertama beliau menjabat sebagai Kapolda Jatim, hari pertama langsung keliling ke pesantren-pesantren besar terutama di Jawa Timur untuk sowan kepada kiai-kiai. Beliau meminta doa supaya dilancarkan dapat melaksanakan tugasnya.

Saya sendiri pernah mendampingi pada saat itu (mengunjungi pondok pesantren besar di Kediri), juga bisa melihat bahwasanya kapolda itu orang yang baik lah. Dan ketika mendapat masukan-masukan itu, langsung cepat tanggap. Meredam masalah juga benar-benar bisa langsung ke akarnya.

Beliau sangat tahu bagaimana cara mendekatkan masyarakat terhadap Polri yang selama ini dianggap jauh. Contohnya nyata yaitu pembangunan Masjid Arif Nurul Huda, yang didekatkan di jalan raya. Sehingga beliau ketika itu menyampaikan kepada saya, saya (kapolda) ingin masyarakat itu nggak takut lagi masuk di masjid polda

Alasannya sangat riil dan bisa diterima saat itu. Kapolda bilang masjid sebelumnya berada jauh dari jalan raya, berada di area polda bagian belakang. Kemudian beliau membangun masjid yang lebih besar, megah dan nyaman, dan fasilitas yang sangat memadai yang bisa digunakan oleh masyarakat luas, bukan hanya dari kalangan Polri, tapi juga bisa digunakan masyarakat luas. Itu kita sangat mengapresiasi sekali.

Pembangunan masjid itu merupakan monumental yang paling baik. Makanya, saya bilang, Kapolda terbaik yang pernah saya kenal, dan beliau sangat luar biasa lah.

Setiap minggu beliau menggelar acara cangkrukan, mempertemukan antara Forkopimda dengan masyarakat, dengan elemen buruh, membikin grup diskusi dengan teman-teman wartawan dekat .

Makanya saya katakan komplit, karena saya belum bisa melihat sosok lain , maksudnya yang bisa sedekat itu.

Hubungan dengan kapolres-kapolres, beliau juga sangat dekat. Koordinasi juga sangat masif. Ketika ada permasalahan diatas, beliau bisa mem-breakdown ke bawah dengan cepat. Ketika ada masalah di daerah, beliau dengan cepat dan tanggap, memberikan contoh ke polres-polres yang lain.

Pembangunan infrastruktur di Mapolda Jatim juga dinilai baik. Terutama di ruangan polda, kemudian infrastruktur yang lain contoh masjid, dan sebagainya, beliau juga salah satu Bapak Pembangunan di Kepolisian, saya rasa seperti itu.

Karena beliau menginisiasi bahwa polda ini harus bisa lebih ramah terhadap masyarakat, sehingga masyarakat datang ke polda tidak merasa takut, seram. Dan dari sikap-sikap yang ditujukan kepada bapak Kapolda terhadap bawahannya untuk disiplin itu sangat membantu masyarakat dalam kesehariannya.

Harapannya kepada bapak kapolda yang baru, semoga bisa menyamai atau lebih baik daripada Pak Machfud.

Semoga sukses dan amanah kepada kapolda dan wakapolda yang baru.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter