Menjelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Merangkak Naik  

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Hewan Kurban yang dipajang di Pasar Dimoro, Kota Blitar/Foto: Cf Glorian

 

jatimnow.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga hewan kurban seperti kambing dan sapi yang dijual di Pasar Dimoro, Kota Blitar mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan. Harga sapi rata-rata melonjak hingga Rp 1 juta.

Saat ini, harga sapi bertengger di harga Rp 23 juta per ekor. Diperkirakan harga ini akan terus meningkat seiring Idul Adha yang semakin dekat.

Kenaikan ini juga imbas dari jumlah permintaan hewan kurban yang terus meningkat.

"Biasanya hanya satu atau dua ekor yang bisa terjual. Kalau sekarang, tiga atau empat ekor sehari terjual, malah kadang lima ekor," kata Sumarlin, salah satu pedagang hewan kurban, Selasa (14/08/2018). 

Hal yang sama juga dirasakan para penjual kambing. Mendekati Hari Raya Idul Kurban ini, harga kambing jantan naik pada kisaran Rp 700 ribu per ekornya.

Saat ini, harga kambing jantan di Pasar Dimoro, Kota Blitar mencapai Rp 2,2 - 2,5 juta per ekornya. Harga itu juga diperkirakan akan terus mengalami kenaikan hingga Idul Adha tiba.

Dari penuturan para pedagang, baik sapi maupun kambing yang dijual di Pasar Hewan Terpadu Dimoro, dipasok dari para peternak lokal. 

"Sehari paling jual empat atau lima ekor, tapi sekarang paling ndak sepuluh ekor kambing bisa terjual," kata Zaini.

 

Reporter: Cf Glorian 

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter