Pixel Codejatimnow.com

Foto Selfie Gagal Pelajar SMP di Surabaya ini Lolos ArtJog

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Sahlul Fahmi
Malya Sasmaya dan foto karyanya (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Malya Sasmaya dan foto karyanya (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Malya Sasmaya, seorang pelajar kelas 8 SMP di Surabaya tidak menyangka, foto diri (self portrait) yang tidak dipilihnya justru lolos seleksi pameran ArtJog.

ArtJog merupakan event seni rupa paling bergengsi di Indonesia yang digelar setiap tahun di Yogyakarta.

Malya yang juga merupakan salah satu siswa kelas fotografi di Sanggar Daun itu mengaku senang karya fotografinya berjudul 'My Other Side' itu bisa lolos. Dalam karyanya, gadis cantik berusia 14 tahun ini menampilkan 25 frame foto dirinya dengan berbagai ekspresi unik.

"Biasanya kita akan menampilkan foto-foto diri yang perfek, cantik atau tampan yang kita unggah di media sosial. Tapi dalam karya ini, aku justru menampilkan foto diriku yang saya anggap gagal, jelek dan tidak perfek," terang Malya, Selasa, (14/3/2023).

Dalam proses kreatif yang dilaluinya, Malya di bawah bimbingan Arik S. Wartono, pendiri sekaligus pembimbing utama Sanggar Daun.

Baca juga:
Duka Pelajar Pemain Ajang Piala Soeratin di Bojonegoro, Diduga Panpel Tidak Siap

Arik mengungkapkan bahwa karya Malya itu masuk dalam ranah fotografi kontemporer atau kekinian. Dari 25 foto diri yang dikolase menjadi sebuah karya itu bukan sebatas foto yang dijepret sendiri.

"Sebagian memang basil fotonya dari hasil selfie. Namun ada juga foto diri Malya yang dijepret oleh orang lain seperti saudara atau teman. Dan ini sah-sah saja karena yang memiliki ide dan konsepnya adalah seniman, dalam hal ini adalah Malya," jelas dia.

Arik menambahkan, selain Malya, ada tiga lagi siswanya yang juga lolos seleksi ArtJog 2023, yaitu Prisha Amaira Pamungkas, Dhafira Khairuna Arifin (Runa) serta Glenys Cailyn Bachumaira. Hanya saja karya dari ketiga siswa ini adalah seni lukis.

Baca juga:
Pelajar SMP Bobol SDN 1 Penjaringan Sari Surabaya usai Pesta Miras

"Dari Sanggar Daun ada empat anak yang karyanya lolos ArtJog. Tiga mengeluarkan karya lukis. Sedangkan karya Malya adalah fotografi," papar Arik.

Event pameran seni rupa ArtJog menurut rencana bakal dihelat pada bulan Juni 2023 hingga Agustus 2023.

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan
Ekonomi

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga mulai dari Rp 100.000 nett/orang di Nira Restaurant," kata Chef Executive ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Petrus Nyo.