Pixel Codejatimnow.com

Pasangan Prabowo-Ganjar Makin Dilirik Publik, Dampak Endorse Jokowi?

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Momen mesra Prabowo-Ganjar bersama Jokowi (Foto: Ricad for jatimnow.com)
Momen mesra Prabowo-Ganjar bersama Jokowi (Foto: Ricad for jatimnow.com)

jatimnow.com - Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) merilis hasil survei terbaru tentang simulasi pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), hasilnya pasangan Prabowo-Ganjar jadi pilihan publik saat ini.

Peneliti Senior PWS, Sharazani MA mengatakan, setelah bertemu mesra bersama Jokowi dalam rangka panen raya di Jawa Tengah kemarin, simulasi kedua Capres tersebut menempati posisi tertinggi.

Bahkan, diprediksi pasangan Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo berpotensi besar menang telak, dan membuat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 cukup satu putaran saja.

"Pasangan Prabowo-Ganjar bahkan jauh lebih difavoritkan publik dari pada pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan di media," katanya, Selasa (14/3/2023).

Dalam survei kali ini PWS juga membuat beberapa simulasi pasangan Capres-Cawapres. Pertama dibuat simulasi siapakah Cawapres yang dinilai cocok mendampingi tiga capres papan atas, yakni Prabowo, Ganjar dan Anies.

Kemudian PWS membuat simulasi apabila Capres diikuti tiga pasangan, siapakah yang menjadi favorit publik. Selain itu PWS juga membuat analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui kemana arah dukungan partai-partai politik terhadap tiga pasangan capres-cawapres yang disimulasikan PWS.

Baca juga:
Ganjar Pranowo Kobarkan Semangat Bongkar Kecurangan Pemilu di Jatim

"Ketika PWS mengajukan sejumlah nama tokoh kepada responden dan menanyakan kepada mereka siapakah yang paling cocok menjadi Cawapres pendamping Prabowo Subianto, sebanyak 24,5% publik menyebut nama Ganjar Pranowo," jelasnya.

Diikuti Ridwan Kamil (15,6%), Sandiaga Uno (12,8%), Erick Thohir (11,2%) dan Khofifah (10,1%). Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan politisi senior PDI Perjuangan Puan Maharani hanya disebut oleh kurang 2% responden.

Baca juga:
Khofifah dan Prabowo Bertemu di Bandara Halim Perdana Kusuma, Sampaikan Ini

Sedangkan tokoh yang dinilai paling pantas menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan, sebanyak 19,9% responden menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono (AHY).

"Ketika PWS membuat simulasi Pilpres diikuti oleh empat pasangan, yakni Prabowo-Ganjar, Anies-AHY, Airlangga-Erick Thohir, bagian terbesar publik atau 46,2% menjatuhkan pilihan pada pasangan Prabowo-Ganjar. Pasangan koalisi perubahan Anies-AHY dipilih oleh 29,8% responden, sedangkan pasangan yang diusung Koalis Indonesia Bersatu (KIB) Airlangga-Erick Thohir hanya didukung oleh 19,5% responden," tandasnya.