Pixel Codejatimnow.com

Pemkot Pasuruan Launching Aplikasi Srikandi untuk Digitalisasi Arsip

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Moch Rois
Launching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Gedung Gradhika. (Foto-foto: Humas Pemkot Pasuruan)
Launching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Gedung Gradhika. (Foto-foto: Humas Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan kembali meluncurkan terobosan baru yakni aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Gedung Gradhika, Kamis (16/3/2023). Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Kota Pasuruan dalam melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Aplikasi Srikandi ini dilaunching langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didamping Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo.

Gus Ipul mengatakan bahwa digitalisasi layanan merupakan sebuah keniscayaan di era modern saat ini. Adanya aplikasi Srikandi ini dimaksudkan agar sistem informasi kearsipan dapat terintegrasi. Akan tetapi, kemajuan pelayanan berbasis teknologi tidak akan berjalan maksimal jika tidak diimbangi oleh sumber daya manusianya yang mumpuni.

"Sederhananya, apakah kita sudah mengikuti kemajuan teknologi apa tidak, dengan melihat apakah di setiap acara kita masih menggunakan banner atau tidak. Selanjutnya, walaupun makin maju sistem pengelolaan arsip kita, tapi akan kembali kepada sumber daya manusianya yang mengoperasikan aplikasi tersebut. Jika tidak kita input, maka data itu tidak akan muncul, sehingga manfaat aplikasi tersebut kurang maksimal," jelas Gus Ipul.

Baca juga:
Respons Gus Ipul saat Dijuluki Makelar oleh Cak Imin

Lebih lanjut, Gus Ipul berharap nantinya aplikasi-aplikasi yang ada di setiap perangkat daerah dapat diintegrasikan menjadi satu.

“Banyak OPD yang memiliki aplikasi-aplikasi, dan ini saya mengajak para OPD untuk bekerja sama dalam menjadikan aplikasi-aplikasi tersebut menjadi satu aplikasi tunggal. Sehingga, nanti memunculkan data tunggal yang akurat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, para perangkat daerah yang sudah menjalankan aplikasi Srikandi mendapatkan penghargaan. Diantaranya; Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Bappelitbangda Kota Pasuruan dan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Baca juga:
Gus Ipul Sindir Kepala Daerah dari PDI Perjuangan di Depan Khofifah

Gus Ipul juga menyampaikan bahwa yang menjadi penting dari peluncuran sistem aplikasi Srikandi ini adalah proses sosialisasinya kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami penggunaannya.

“Yang paling penting, bagaimana aplikasi Srikandi ini dapat tersosialisasikan, kita cari strategi yang tepat sehingga mereka mampu menggunakannya,” tandasnya.