Pemkot Surabaya Berhasil Galang Rp 1,4 Miliar untuk Korban Gempa NTB

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto

jatimnow.com - Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) mengirimkan bantuan sebesar Rp 1,4 miliar untuk korban gempa Lombok, Selasa (14/8/2018). Bantuan tersebut merupakan sumbangan dari warga Surabaya yang berhasil dikumpulkan.

Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto menjelaskan, jumlah uang sebanyak Rp 1,4 Miliar itu belum termasuk donasi berupa barang. Sampai saat ini, Pemkot Surabaya sudah menyalurkan barang kebutuhan sehari-hari untuk para pengungsi.

"Akhirnya saat ini, bantuan kita utamakan untuk kebutuhan masyarakat sehari hari. Makanya kita bantu dengan purifier, pompa air, genset, makanan, selimut, tenda, terpal dan barang lainnya. Apalagi makanan. Baru sampai Lombok Barat saja mobil kita sudah dijarah pengungsi nyari makanan," terang Eddy saat jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Selasa (14/8/2018).

Eddy menuturkan, meskipun donasi telah cukup banyak dan menutup keperluan membangun SD Obel-Obel 1 yang membutuhkan dana sebesar Rp 840 juta, namun posko masih akan terus dibuka.

"Nanti kalau uangnya lebih banyak kan kita bisa bangun sekolah lain. Untuk penutupan posko masih belum kita tentukan karena masih banyak masyarakat yang ingin menyumbang," tuturnya.

Bagi warga Surabaya yang ingin terus menyumbang, Eddy mengimbau untuk tidak lagi menyumbangkan pakaian. Hal ini dikarenakan jumlah pakaian yang cukup menumpuk di posko bantuan dan belum disortir.

"Jadi saya mohon untuk bantuan pakaian pantas pakai sekarang sudah cukup banyak, sudah kami pilah pilah. Yang dibutuhkan sekarang obat-obatan, makanan siap saji roti kering," jelasnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter