Pixel Codejatimnow.com

Berkah Ramadan, Petani Bunga Pacar Air di Jombang Nikmati Panen

Editor : Rochman Arief  Reporter : Elok Aprianto
Petani bunga pacar air memanen tanaman di lahan persawahan Dusun/Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Jombang. (foo: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Petani bunga pacar air memanen tanaman di lahan persawahan Dusun/Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Jombang. (foo: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bulan Ramadan benar-benar memberi berkah. Salah satu yang menikmati adalah Soli (68) petani bunga pacar asal Dusun/Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Permintaan bunga pacar air jelang Ramadan cukup tinggi, seiring tradisi nyekar atau ziarah ke makam. Sementara aneka kembang yang dibutuhkan salah satunya adalah bunga pacar.

"Menjelang puasa seperti saat ini, sering panen raya (bunga pacar air). Kalau hari-hari biasa malah tidak (panen), ada tanaman tapi biasa-biasa saja," kata Soli, Sabtu (18/3/2023).

Ia menambahkan lahan seluas 3.250 meter persegi itu sanggup memproduksi (panen) 60 kantong plastik. Sementara tiap kantong plastik beratnya di kisaran 2 kilogram.

Namun jelang bulan Ramadan tahun ini, permintaan bunga pacar sedang bagus. Sehingga ia memanen lebih banyak tanaman bunga pacar air di sawah.

"Kalau hari biasa bisa 60 kantong. Tapi menjelang Ramadan seperti sekarang ini bisa mencapai 200 kantong. Nah tiap kantongnya kira-kira terisi 2 kg," ujarnya.

Tiap kantong berisi bunga pacar air seberat 2 kg, biasanya laris manis lantaran banyak yang membeli untuk kebutuhan ziarah makam. Malahan bunga produksinya tidak hanya dibeli warga Jombang, tapi sudah merambah luar kota.

Baca juga:
JConnect Ramadhan Festival 2023 Ditutup, Catatan Transaksinya Bikin Ngiler

Soli, salah satu petani bunga pacar asal Jombang menunjukkan hasil panen yang saat ini harganya sedang naik. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)Soli, salah satu petani bunga pacar asal Jombang menunjukkan hasil panen yang saat ini harganya sedang naik. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

"Per kantong itu Rp50 ribu. Dan biasanya (dijual) sampai ke Surabaya," jelasnya.

Ia mengatakan bunga pacar air biasanya dibuat warga untuk menyekar ke makam sebelum Ramadan. Tapi bisa juga untuk kebutuhan nyekar pada hari-hari tertentu kalender Jawa.

Sebetulnya ada tiga jenis bunga yang biasanya dibuat untuk nyekar ke makam. Yakni bunga bunga cimbong, bunga kenanga, dan bunga gading. Dan yang ia tanam yakni, bunga cimbong atau pacar air, dengan beberapa warna.

Baca juga:
Temui Pedagang Pasar, DPRD Surabaya Sebut Perekonomian Kian Membaik

"Yang ditanam ini adalah bunga cimbong, ada tiga warna. Warna putih, merah dan pink, harganya sama saja," bebernya.

Nah pada musim jelang Ramadan saat ini, harga bunga pacar air di pasar sedang bagus karena tengah naik. Terlebih kenaikan harga bungan jelan ramadan lebih dari 50 persen.

"Pada hari biasa, harga per kantong Rp30 ribu. Jelang Ramadan tahun ini satu kantong plastik bisa mencapai Rp50 ribu. Jelas, kami (petani) untung tapi tidak terlalu besar," pungkasnya.