Pixel Codejatimnow.com

TPS Raih Gold Winner PR Indonesia Award 2023, Ini Kategori yang Direbut

Editor : Rochman Arief  
Program CSR dalam bentuk bantuan sumur bor, tandon serta MCK mengantar TPS meraih PRIA 2023. (foto: TPS for jatimnow.com)
Program CSR dalam bentuk bantuan sumur bor, tandon serta MCK mengantar TPS meraih PRIA 2023. (foto: TPS for jatimnow.com)

jatimnow.comTerminal Petikemas Surabaya (TPS) meraih penghargaan bergengsi. Salah satu gelar yang diraih adalah Gold Winner untuk kategori Program coprorate social responsibility (CSR) pada sub kategori Community Based Development (CBD).

Penghargaan itu diraih melalui ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2023, di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, pada Jumat, (17/3/2023).

Entitas di bawah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) itu meraih penghargaan setelah memberi bantuan air bersih melalui pembangunan sumur bor, tandon serta fasilitas MCK di desa Sumber Waru, Pamekasan.

Program bantuan sarana air bersih ini tidak hanya fokus meningkatkan kemudahan akses air bersih, namun memiliki tujuan jangka panjang yang lebih luas. Yakni mencakup peningkatan indeks kesehatan masyarakat, dan mempercepat penurunan gizi buruk yang disebabkan kualitas air.

Direktur Utama TPS, Wahyu Widodo mengungkapkan TPS siap ambil bagian dalam mendukung inisiasi pembangunan berkelanjutan yang merujuk pada framework Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam hal ini TPS menjalankan berbagai program CSR, yang salah satunya terkait dengan tujuan SDGs poin enam, yaitu pemerataan akses air bersih dan sanitasi.

“Kami terus melakukan pengukuran dan mengevaluasi keberhasilan untuk memastikan fungsi sosial yang dijalankan agar sesuai dengan harapan, sekaligus sebagai usaha TPS mengenalkan perusahaan ke masyarakat, sehingga dapat meningkatkan brand awareness perusahaan.” Kata Wahyu dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Baca juga:
Sambat Warga Kampung Lontong Surabaya Karena Melonjaknya Harga Beras

Dermaga TPS menjadikan terminal internasional paling sibuk di Indonesia Timur. (foto: TPS for jatimnow.com)Dermaga TPS menjadikan terminal internasional paling sibuk di Indonesia Timur. (foto: TPS for jatimnow.com)

Penentuan pemenang kategori ini melalui beberapa tahapan. Mulai dari babak peyisihan materi, sampai dengan presentasi. Adapun tim juri dari praktisi kehumasan yang menilai bagaimana program tersebut dijalankan. Di dalamnya juga strategi komunikasi, sekaligus mengukur keberhasilan dan dampak dari program tersebut.

Selain Gold Winner kategori CSR, TPS juga memperoleh penghargaan Silver Winner untuk program Annual Report dan Bronze Winner untuk kategori owned media dengan sub kategori Video Profile.

“Bangga sekali, tahun ini TPS memborong tiga penghargaan PRIA sekaligus, harapannya tahun depan kita bisa borong lebih banyak lagi, tentunya sebagai motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja kami,” imbuh Wahyu.

Baca juga:
Ketua PC GP Ansor Surabaya Dicopot, Apa Penyebabnya?

Wahyu mengatakan bahwa peran kehumasan dan dan program CSR harus berjalan beriringan karena mereka mempunyai fungsi yang saling berkaitan dimana peran PR adalah membangun citra perusahaan melalui membangun hubungan baik antara manajemen dengan eksternal sementara penerapan program CSR adalah bentuk kepercayaan masyarakat kepada perusahaan melalui pelaksanaan program CSR.

Ini bukan pertama kalinya TPS mengikuti ajang yang diselenggarakan oleh PRIA. Selama dua tahun berturut-turut mulai mulai tahun 2020, TPS kerap berhasil mencatatkan prestasi sejak tahun 2020.

Tahun 2021, TPS merebut Bronze Winner untuk kategori anak usaha BUMN. Di tahun 2020, TPS berhasil meraih Gold Winner kategori Brand Guideline dan Bronze Winner untuk kategori Corporate PR , sub kategori Event Creator.