Pixel Codejatimnow.com

Tips Berpuasa ala Anak TK di Lamongan, Mancing hingga Masak Menu Berbuka Kaya Gizi

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Siswa TK ABA Desa Surabayan, Kecamatan Sukodadi, Lamongan saat belajar outdoor jelang puasa. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Siswa TK ABA Desa Surabayan, Kecamatan Sukodadi, Lamongan saat belajar outdoor jelang puasa. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Melatih anak agar giat berpuasa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti para siswa di TK ABA Desa Surabayan, Kecamatan Sukodadi, Lamongan. Mereka diajari untuk membuat menu buka puasa yang bergizi.

Dengan begitu, anak-anak akan termotivasi menjalankan ibadah puasa dengan membuat hidangan berbahan dasar ikan yang lezat, tentunya dengan berbagai variasi olahan makanan.

Kesibukan yang dijalankan anak-anak dijamin bisa melupakan dahaga dan lapar yang kerap mendera. Anak-anak juga akan mendapat ilmu dan edukasi baru.

"Ini adalah salah satu proses belajar luar kelas yang memang kami ajarkan di sekolah ini. Melalui kegiatan memancing dan prosesnya ini, kami ingin melatih anak-anak untuk bersabar dan mandiri," ungkap Kepala Sekolah TK ABA Surabayan, Uswatun Khasanah di sela-sela kegiatan belajar outdoor di Cafe Prasojo, Selasa (21/3/2023).

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajarkan dan melakukan sendiri proses hingga menjadi olahan makanan. Mulai dari memancing ikan, memasak, hingga menyiapkan hidangan.

Baca juga:
Survei Jelang Pilkada 2024, Warga Lamongan Cenderung Tunggu Serangan Fajar

"Tujuannya untuk bersabar dan mandiri, sekaligus bisa menyiapkan menu buka puasa. Kegiatannya dilakukan mulai dari memancing ikan hingga mengolahnya menjadi sebuah hindangan menu buka puasa," ungkap Uswatun.

Salah seorang siswa yang nampak senang dan bangga bisa mengikuti acara ini, Yasmin mengaku senang dengan acara ini. Yasmin menyebut ia bersama teman-temannya bisa terbantu karena selain bisa mengenal alam, juga bisa belajar tentang doa berpuasa.

Baca juga:
Kompetisi Basket Bupati Cup Lamongan untuk Pelajar Dibuka, Bupati: Ini Tujuannya

"Senang bisa memancing bersama dan bermain bersama sambil sekalian belajar," akunya.