Pixel Codejatimnow.com

Tingkatkan Kamtibmas Ramadan, Polisi Pelototi Aksi-aksi Ini

Editor : Rochman Arief  Reporter : Farizal Tito
Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce. (foto: Humas Polrestabes Surabaya for jatimnow.com)
Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce. (foto: Humas Polrestabes Surabaya for jatimnow.com)

jatimnow.com - Polrestabes Surabaya akan meningkatkan eskalasi keamanan sepanjang bulan Ramadan. Tindakan pencegahan ini dengan melibatkan tiga pilar, yakni TNI, Satpol PP dan BPBD Kota Surabaya.

Selain itu, Polrestabes Surabaya juga mendirikan pos pantau di sejumlah titik yang dinilai rawan kamtibmas.

"Ada beberapa hal yang menjadi atensi kami untuk ditekan selama pelaksanaan ibadah puasa," kata Kombes Pol Pasma Royce, di sela apel di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (22/3/2023).

Ia menambahkan jika selama ini kepolisian berusaha mencegah munculnya aksi masyarakat yang kerap muncul selama bulan puasa, seperti balap liar, petasan, perang sarung, termasuk aksi tawuran.

Baca juga:
Polrestabes Surabaya Musnahkan 40,8 Kg Sabu dan 26.019 Butir Ekstasi

"Keberadaan pos pantau itu juga dikonsep mobiling. Konsep ini untuk mencegah kerawanan di suatu titik," lanjutnya.

Selain mendirikan pos pantau, Polrestabes juga menyebar beberapa oetugas yang berpatroli sejak malam hingga menjelang waktu sahur.

Baca juga:
Jadwal SIM Keliling di Surabaya pada Tanggal 17-18 Mei, Cek Lokasinya

Petugas diberi tugas untuk melarang atau mencegah masyarakat melakukan konvoi. Sebab, beberapa tahun sebelumnya gangguan kamtibmas dipicu anak-anak muda melakukan keliling di jalan raya sembari membawa simbol-simbol tertentu.

"Tugas ini tidak hanya menitikberatkan kepada personel. Tapi juga melibatkan tokoh-tokoh agama dan masyarakat di masing-masing wilayah Surabaya, agar dapat berperan menciptakan kondisi aman selama bulan Ramadan," pungkasnya.