Coret Bacaleg Tak Memenuhi Syarat, KPU Blitar Digugat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Kantor KPU Kabupaten Blitar

jatimnow.com - Panwaslu Kabupaten Blitar kembali menerima Gugatan sengketa pada KPU. Kali ini gugatan dilakukan oleh Partai Berkarya.

Pelaporan ini berkaitan dengan dua Bacaleg yang dicoret oleh KPU Kabupaten Blitar dari DCS karena dinilai Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Dua bacaleg tersebut berada di Daerah Pemilihan (Dapil) satu.

"Benar ada laporan. Awalnya karena ada Bacaleg wanita yang dinyatakan TMS," kata Komisioner bidang hukum dan penanganan pelanggaran Panwaslu Kabupaten Blitar Hakam Sholahudin, Rabu (15/08/2018).

Pencoretan yang dilakukan kepada Bacaleg wanita membuat Partai Berkarya dinyatakan TMS karena tidak memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan. Praktis, satu Bacaleg pria yang tersisa juga ikut dicoret.

Dalam laporannya, Partai Berkarya meminta agar satu Bacalegnya dipindahkan ke Dapil lain. Dengan laporan ini, jumlah aduan yang diterima Panwaslu ada dua gugatan.

Gugatan yang dilayangkan kepada KPU sebelumnya terkait Pencoretan yang dilakukan terhadap Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blitar Edy Muklison yang dinyatakan TMS karena dinilai sebagai Eks napi Korupsi.

Panwaslu memberikan waktu tiga hari pada partai berkarya untuk melengkapi dokumen pelaporan. Jika dinyatakan lengkap, akan ada proses penyelesaian.

"Baru kalau sudah lengkap dan terverifikasi, akan kita lakukan proses mediasi antara KPU dengan Partai Berkarya," tandasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter