Pixel Codejatimnow.com

KA Turangga Tabrak Truk di Jombang, Perjalanan Kereta Lain Terhambat

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Elok Aprianto
Kereta Api Turangga yang berhenti usai mengalami laka dengan truk bermuatan pakan.(Foto: Elok Aprianto)
Kereta Api Turangga yang berhenti usai mengalami laka dengan truk bermuatan pakan.(Foto: Elok Aprianto)

jatimnow.com - Kereta Api (KA) Turangga, nomor loko CC 2061399 BD, jurusan Bandung tujuan Surabaya, menabrak truk mogok di Jombang, pada Kamis (30/3/2023) dini hari. Akibat peristiwa itu, selain truk ringsek, tiga roda KA Turangga keluar dari jalur sehingga lokomotif anjlok.

Kini sejumlah petugas dari PT KAI Daop 7 Madiun melakukan perbaikan pada jalur kereta tersebut. Ini membuat perjalanan beberapa KA terhambat.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto mengatakan berdasarkan informasi yang diterima bahwa sekitar pukul 03.59 WIB, telah terjadi kecelakaan KA Turangga di perlintasan KA nomor 76 Jombang.

"Sekitar jam 3.59 pagi, telah terjadi laka di perlintasan 76, yakni KA Turangga tertemper truk di perlintasan 76," ungkapnya, Kamis (30/3/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa akibat peristiwa itu, sejumlah roda KA keluar jalur dan merusak perlintasan KA.

"Dampak dari kejadian tersebut, lokomotif rusak, sampai anjlok. Sehingga posisinya sampai saat ini masih belum bisa ditarik kembali," ujarnya.

Untuk itu, sambung Supriyanto, petugas dari PT KAI Daop 7 Madiun melakukan perbaikan jalur kereta di lokasi kejadian laka tersebut.

"Kami tim memperbaiki dulu, jalur KA yang sempat rusak. Ada beberapa bantalan yang harus diganti dan sekaligus memastikan kondisi rel ini aman dulu," paparnya.

Baca juga:
Commuterline Sindro Ditabrak Truk di Sidoarjo, 5 Perjalanan KA Terhambat

Ia mengaku untuk penumpang kereta api Turangga semuanya dalam kondisi aman. Tidak ada yang mengalami luka.

"Kalau kereta dan penumpangnya aman, saat ini masih dalam posisi aman di jalur, tapi belum bisa ditarik. Cuman lokomotifnya yang mengalami kerusakan tidak bisa digerakkan lagi," bebernya.

Adanya peristiwa ini, membuat beberapa perjalanan KA terganggu.

"Tadi perjalanan KA Jayakarta, sempat mengalami keterlambatan. Sedangkan KA Bangunkarta yang harusnya keberangkatan Jombang tadi hanya diberangkatkan dari stasiun Sembung, dan mengalami kelambatan sekitar 20 menit, dan KA Turangga ini masih evakuasi," jelasnya.

Baca juga:
Jadwal Kereta Api yang Terlambat Imbas KA Turangga Tabrak Truk di Jombang

Ia menjelaskan langkah evakuasi KA Turangga di perlintasan 76 ini dilakukan secepatnyagar perlintasan KA bisa berjalan normal.

"Evakuasi ini dilakukan secepatnya, begitu jalur normal maka rangkaian kereta akan kita tarik ke stasiun Sembung, kita akan ganti lokomotif dan kita berangkatkan lagi ke Surabaya," pungkasnya.