Pixel Codejatimnow.com

PDIP Jelaskan Duduk Perkara Pengunduran Diri Regina, Anggota DPRD Kota Kediri Termuda

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Yanuar Dedy
Anggota DPRD Kota Kediri, Regina Nadya Suwono (Foto: Instagram: @reginasuwono)
Anggota DPRD Kota Kediri, Regina Nadya Suwono (Foto: Instagram: @reginasuwono)

jatimnow.com - PDI Perjuangan (PDIP) menjelaskan duduk perkara pengunduran diri kader cantiknya Regina Nadya Suwono, yang kini menjadi anggota DPRD Kota Kediri termuda.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Kediri, Sujoko Adi Purwanto mengatakan, sebelum Regina resmi mundur, partai sudah melakukan proses pemecatan sejak 3 bulan lalu.

"Pengunduran diri Regina ini merupakan proses untuk perpindahan pencalegan ke partai lain, karena proses pemecatan Regina sudah berjalan tiga bulan kemarin," tegas Sujoko, Rabu (5/4/2023).

Masalah lain, lanjut Sujoko, Regina dianggap sudah melanggar aturan partai. Dan, Regina juga sudah dikeluarkan dari grup fraksi sejak proses pemecatan itu dimulai.

"Saudara Regina sudah melanggar aturan-aturan partai. Terkait beliau sebagai anggota Fraksi PDIP sudah kita keluarkan dari grup fraksi sudah tiga bulan lalu," tambahnya.

Menurut Sujoko, selama ini Fraksi PDIP DPRD Kota Kediri telah memonitor kinerja Regina. Dari hasil monitoring, PDIP menyimpulkan bahwa Regina sudah terang-terangan tidak menganggap dirinya sebagai orang PDIP.

Bahkan dia menyebut bahwa Regina telah mengikuti jejak ayahnya sebagai Ketua NasDem Kota Kediri. Dengan surat pengunduran diri tersebut, Sujoko yakin akan mempercepat proses pemecatan terhadap yang bersangkutan.

"Proses itu memang lama. Tidak serta merta dari PDIP, ketahuan ini, langsung dipecat. Kita kumpulkan bukti-buktinya terlebih dahulu," jelasnya.

Baca juga:
PDIP Lamongan Buka Penjaringan Bacabup-Bacawabup

Sujoko bahkan menilai bahwa pengunduran diri Regina hanya untuk meningkatkan popularitasnya. Namun, Joko senang ketika yang bersangkutan berinisiatif mengundurkan diri.

"Regina kan tahu, bahwa dia mau di-PAW (Pergantian Antar Waktu). Mungkin untuk meningkatkan great-nya, dia ini menyampaikan mundur. Itu biasa. Bahasa politik. Tidak masalah," tudingnya.

Sementara disinggung soal ada tidaknya keterkaitan masalah ini dengan pemberhentian Kusnadi dari Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Joko tidak bisa berkomentar.

"Kalau itu saya nggak bisa komentar," tandasnya.

Baca juga:
Fraksi PDIP Lempar Pantun ke Eri-Armuji saat Sidang Paripurna DPRD Surabaya

Sebelumnya, Regina menyatakan mundur dari PDIP. Alumnus Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University Australia itu menyerahkan surat pengunduran diri ke Kantor DPC PDIP Kota Kediri, pada Selasa (4/4/2023).

Namun, Regina yang akrab disapa Mbak Rere itu masih enggan berkomentar banyak.

"Benar. Sekarang yang bisa saya kralirifikasi itu ya, benar saya melayangkan surat tersebut," ungkap Regina saat dikonfirmasi.

Untuk diketahui, Regina adalah anggota DPRD Kota Kediri masa bakti 2019-2024. Dia berangkat dari PDIP Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Kediri. Saat dilantik, Regina Nadya Suwono masih berusia 23 tahun.