jatimnow.com

Podjok Prancis di Kampus Narotama

Editor : Arif Ardianto Reporter : Farizal Tito
Para mahasiswa saat belajar di Podjok Prancis Universitas Narotama Surabaya/Foto: Fahrizal Tito 🔍
Para mahasiswa saat belajar di Podjok Prancis Universitas Narotama Surabaya/Foto: Fahrizal Tito

jatimnow.com - Belajar Bahasa Prancis seringkali dipandang sulit oleh banyak orang. Belum lagi karena tulisan dan pelafalan Bahasa Prancis yang jauh berbeda dari Bahasa Indonesia.

Namun, dengan mengikuti kelas Bahasa Prancis di Podjok Prancis Universitas Narotama Surabaya, belajar Bahasa Prancis akan terasa menyenangkan dan semudah belajar Bahasa Inggris.

Keseruan belajar bahasa Prancis itu dirasakan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam kursus maupun dalam Klub Francophile Universitas Narotama Surabaya.

Beberapa mahasiswa itu diantaranya Agung dan Firman dari Jurusan Manajemen yang sudah 2 tahun terakhir ini mengikuti berbagai kegiatan di Podjok Prancis.

Loading...

Agung mengatakan di Podjok Prancis itu tidak hanya belajar Bahasa Prancis pakai buku, tapi juga belajar dengan game dan nonton film.

“Pernah suatu waktu kita nonton film Le Petite Nicola, lalu saya ajak teman-teman lain karena pasti ada subtitlenya. Ketika film diputar, ternyata subtitlenya juga Bahasa Prancis. Jadilah kita memahami filmnya kebanyakan lewat gambar saja,” terang Agung.

Begitu pula yang dirasakan oleh Firman. Salah satu mahasiswa yang juga belajar di Podjok Prancis itu mengaku sudah mempelajari Bahasa Prancis hingga telah mendapatkan sertifikat A1. Makanya, dia merasa termotivasi untuk bisa mengunjungi negara yang memiliki menara Eiffel itu.

"Belajar Bahasa Perancis bikin saya ingin ke sana, entah untuk kuliah atau sekadar berlibur. Ya semoga nanti ada kesempatan,” tutur Firman.

Penanggungjawab Podjok Prancis Universitas Narotama Surabaya, Fitri Rofiyarti, mengungkapkan Bahasa Prancis memang dipandang lebih sulit dipelajari, karena mayoritas mahasiswa Indonesia memang tidak pernah mendapatkan pelajaran itu sejak sekolah dasar.

“Sama saja dengan Bahasa Inggris yang tidak jauh tingkat kesulitannya. Hanya saja Bahasa Inggris sudah kita dapatkan sejak SD, atau bahkan saat ini anak-anak TK sudah mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris,” kata Fitri, Dosen PG PAUD Universitas Narotama itu.

Ia menjelaskan, Podjok Prancis Universitas Narotama adalah wadah yang dibuat atas kerjasama Kedutaan Besar Prancis dengan International Relation Office UNNAR. Podjok Prancis menjadi salah satu Warung Prancis yang tersebar di beberapa kampus di seluruh Indonesia.

“Podjok Prancis adalah perpanjangan tangan Kedubes Prancis dan sebagai pusat informasi dan pembelajaran bahasa dan budaya Prancis,” jelas lulusan Universitas Brawijaya Malang itu.

Fitri menambahkan, di Podjok Prancis Universitas Narotama itu bukan hanya sekadar belajar, tapi sekaligus bisa mendapatkan sertifikat level A1 dan A2 secara gratis.

Alhasil, pelayanan yang diberikan itu mendapatkan penghargaan juara tiga sebagai penyelenggara Warung Perancis terbaik se Indonesia.

“Di Podjok Prancis ini, kami mengadakan kegiatan, bukan hanya kursus. Bahkan, Podjok Prancis UNNAR mendapatkan penghargaan sebagai Warung Prancis dengan kegiatan terbaik pada seminar Warung Prancis tanggal 9-10 Juli 2018 lalu di Jakarta,” pungkasnya.

 

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Arif Ardianto