Pembuatan Bendera Sepanjang 551 di Malang Habiskan Jutaan Rupiah

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Bendera sepanjang 551 meter terbentang di kampung Karangan Malang

jatimnow.com - Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73, warga di Dusun Karangan, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, membuat bendera merah putih dengan panjang diluar ukuran normal, Kamis (16/8/2018). Bendera sepanjang 551 meter dan lebar 2 meter tersebut di bentang di atas jalan kampung.

Ketua Pemuda RW 1, Alfi Fatkhurrahman menyatakan, dana pembuatan bendera merah putih panjang ini didapat dari iuran para pemuda dan sejumlah donatur yang ada di RW 1 Dusun Karangan, Desa Donowarih.

"Kita para pemuda iuran, kita juga buat proposal untuk meminta bantuan ke para warga di RW 1. Hasilnya iuran serta sumbangan donasi digunakan beli kain merah putih dan bambu penyokong kain," ujar Alfi ditemui jatimnow, Kamis (16/8/2018).

Pembuatan bendera merah putih sendiri menghabiskan setidaknya Rp 9 juta yang berasal dari iuran dan sumbangan para donatur tersebut.

"Awalnya kita beli kain merah dan putih lalu dijahitkan untuk disambung di lima penjahit yang ada di RW 1 dengan biaya Rp 9 juta. Itu belum termasuk bambunya," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Dusun Karangan, Ta'i mengungkapkan pihak RW mendukung sepenuhnya ide - ide dari para pemuda setempat.

"Saya selalu dukung ide kreatif mereka. Kalau tidak begini ya tidak ada regenerasi. Masak kami-kami terus yang sudah tua. Ya kita berilah anak - anak muda ini berkreasi," pungkasnya.

Ta'i berharap bendera merah putih raksasa ini mampu mengobarkan semangat nasionalisme dan persatuan para warganya khususnya anak muda.

"Bendera itu simbol nasionalisme dan pemersatu kita semua. Semoga warga dan pemuda dapat mengambil maknanya," ungkap Ta'i

Kini bendera merah putih panjang tersebut membentang di atas jalan sepanjang kampung RW 01. Aura nasionalisme begitu terpancar saat setiap warga dan pengendara kendaraan melintas jalanan dusun yang terletak di lereng Gunung Arjuno ini.

Reporter : Avirista Midaada
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter