Pixel Codejatimnow.com

Ratusan Personel Ikuti Apel Operasi Ketupat Semeru di Polres Jombang

Editor : Rochman Arief  Reporter : Elok Aprianto
Apel Operasi Ketupat Semeru di lapangan Polres Jombang yang dipimpin Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Apel Operasi Ketupat Semeru di lapangan Polres Jombang yang dipimpin Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Personel gabungan yang terdiri atas TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Jombang, serta relawan, mengikuti apel operasi ketupat Semeru 2023, di Polres Jombang, Senin (17/4/2023) pagi. Apel ini sebagai kesiapan menghadapi angkutan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Apel pasukan ini dipimpin Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab dan didampingi sejumlah ASN. Tak hanya itu, sejumlah tokoh masyarakat maupun tokoh agama juga mengikuti kegiatan rutin ini.

Mundjidah mengatakan, apel Operasi Ketupat Semeru 2023 ini untuk mengecek kesiagaan pasukan dalam mengamankan mudik lebaran dan menciptakan suasana yang kondusif di wilayah Kabupaten Jombang.

"Untuk memastikan dari TNI, Polri, dan pemerintah telah siap untuk melakukan pengamanan maupun pengamanan lokasi di Jombang," ungkapnya.

Ia menambahkan peran kepala desa juga sangat penting untuk menginformasikan pada warganya, agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan mengecek keamanan lingkungan sebelum mudik.

"Kita kerja sama dengan kepala desa, untuk memberikan informasi agar warganya yang meninggalkan rumah saat mudik maupun silahturahmi, harus benar-benar dijaga keamannya. Jangan sampai ada listrik yang masih menyala, agar tidak membahayakan," jelasnya.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mendampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat inspeksi apel Operasi Ketupat Semeru. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mendampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat inspeksi apel Operasi Ketupat Semeru. (foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Baca juga:
Pj Bupati Jombang Ajak Petani Tembakau di Kabuh Kembangkan Kawasan Industri Sigaret

Selain itu, ia menghimbau masyarakat yang hendak mudik agar selalu berhati-hati di jalan raya.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat menjelaskan dalam apel Operasi Ketupat Semeru 2023 ini, terdapat ratusan personil yang disiagakan.

"Untuk jumlah personil yang kita terjunkan sebanyak 310 dari internal (polri,TNI, Satpol PP dan Dishub), serta 80 dari unsur eksternal," ujarnya.

Baca juga:
Data Korban Tewas Kecelakaan Bus SMP PGRI 1 Wonosari Malang di Tol Jombang

Ia menjelaskan unsur eksternal yang dilibatkan meliputi ormas keagamaan maupun relawan. Bahkan pengamanan ini juga melibatkan Banser dan Senkom Mitra Polri turut dilibatkan.

Dalam apel ini, Nurhidayat menjelaskan ada beberapa titik yang menjadi prioritas untuk dijaga petugas dari personel gabungan selama arus mudik Lebaran.

"Kami menyiagakannya dengan mendirikan enam titik pos. Salah satunya di Bandarkedungmulyo dan sisanya tersebar, seperti di Ploso dan di dalam kota," pungkasnya.