Pixel Codejatimnow.com

Sensasi Mudik Lebaran Naik Pesawat Militer

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Fajar Mujianto

jatimnow.com - Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Juanda mengadakan mudik yang berbeda. Yaitu dengan menggunakan pesawat-pesawat jenis Casa C-212 untuk mengangkut pemudik secara gratis.

Dengan tema “Mudik Asyik Bareng Penerbangan TNI AL", Puspenerbal memberangkatkan 18 pemudik dengan  rute Surabaya-Jakarta dari Base Ops TNI Lanudal Juanda, Selasa (18/4/2023).

Wadan Puspenerbal Laksamana Pertama (Laksma) Bayu Alisyahbana, S.M., CHRMP menjelaskan mudik asyik gratis ini merupakan bentuk kepedulian  TNI AL terhadap anggota dan masyarakat.

Baca juga:
Arus Balik dan Mudik, 122.958 Orang Naik Bus dari Terminal Seloaji Ponorogo

"Penerbangan TNI AL yang merupakan bagian SSAT terlibat aktif dalam berbagai operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang. Angkutan Lebaran seperti ini merupakan salah satu bentuk operasi militer, sebagai kepedulian dari pimpinan TNI AL untuk kesejahteraan prajurit serta masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran. Kegiatan angkutan Lebaran juga sebagai bentuk kerja sama antara Wing Udara sebagai penyedia pesawat atau unsur serta lanudal sebagai penyedia dukungan fasilitas labuh," papar Bayu Alisyahbana.

Jadwal penerbangan sudah dimulai sejak tanggal 17 April hingga 28 April 2023. Untuk angkutan Lebaran tahun ini disiapkan tiga pesawat Casa NC 212 milik Skuadron 600 dan dua pesawat CN 235 MPA milik Skuadron 800 denga jumlah penumpang rata-rata 20 orang setiap flight, sehari bisa 2 Flight PP, dan untuk hari ini rute dari Surabaya dengan tujuan Jakarta.

Baca juga:
ASN Pemprov Jatim Dilarang Pakai Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Ada 2 rute wilayah yang telah disiapkan di mudik asyik tahun ini. Pertama dengan rute ke wilayah barat yaitu Surabaya, Semarang, Jakarta, Palembang dan Tanjung Pinang. Dan rute wilayah timur tujuan Mataram, Kupang, Balikpapan dan Manado.