Pixel Codejatimnow.com

Pemkab Kediri Siapkan ATCS, Antisipasi Titik Rawan Macet Mudik Lebaran

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Petugas ATCS Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Petugas ATCS Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten Kediri menyiapkan Area Traffic Control System (ATCS) untuk merekayasa lalu lintas saat mudik Lebaran. Sistem pengendali lalu lintas yang menyelaraskan waktu lampu merah ini telah disiapkan di titik-titik rawan kemacetan.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, Joko Suwono menyebutkan saat ini sudah ada tujuh simpang jalan di wilayahnya yang diberikan ATCS.

“ATCS untuk mengurai lalu lintas di beberapa simpang yang ada traffic light,” kata Joko pada Kamis (20/4/2023).

Tujuh simpang yang dimaksud adalah simpang 4 Branggahan, simpang 4 Papar, simpang 4 Bogo Plemahan, simpang 3 Kunjang, simpang 3 Tepus, simpang 3 Katang, simpang 4 Paron.

Lebih lanjut menurut Joko, untuk mengurangi penumpukan kendaraan di Simpang Mengkreng pihaknya juga akan melakukan pengalihan arus di simpang 4 Papar.

Baca juga:
Anggarkan Dana Hibah Rp5 Miliar, Mas Dhito Komitmen Tuntaskan PTSL di Kediri

Skema yang disiapkannya adalah dari arah Kediri menuju Jombang atau Surabaya di simpang 4 Papar dialihkan ke arah timur lewat Kunjang-Pare. Sedangkan tujuan Madiun -Nganjuk dialihkan ke arah barat langsung ke Nganjuk.

“Kita alihkan arus di Simpang 4 Papar,” ungkapnya.

Joko menambahkan pihaknya telah menyiapkan 80 personil untuk bergabung bersama TNI-Polri dalam Operasi Ketupat. Selain itu, personil juga ditempatkan di pos-pos pengamanan mulai 18 April hingga 1 Mei 2023.

Baca juga:
Mas Dhito Menginap di Rumah Warga Gurah, Janji Benahi Lapangan Voli Desa

“Juga ada pos jaga di Kantor Dishub,” pungkasnya.

(ADV)