Pixel Codejatimnow.com

Dinkes Kabupaten Kediri Sebar Tenaga Medis di Jalur Mudik dan Objek Wisata

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri di Pos Ops Ketupat Semeru 2023. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri di Pos Ops Ketupat Semeru 2023. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri menyebar tenaga medis ke pos-pos jalur mudik Lebaran 2023 ini. Termasuk objek wisata.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Ahmad Khotib mengatakan, sesuai arahan Bupati Hanindhito Himawan Pramana, petugas diminta untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Dengan menempatkan petugas medis di pos-pos operasi ketupat maupun wisata, diharapkan dapat membantu pemudik ketika terjadi masalah kesehatan.

"Petugas medis kita siapkan sesuai dengan jumlah pos operasi ketupat yang telah disiapkan kepolisian, baik Polres (Kediri) Kota maupun Polres Kediri," katanya, Kamis (20/4/2023).

Untuk objek wisata, petugas kesehatan ditempatkan di dua tempat wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Kediri yakni wisata alam Gunung Kelud maupun di kawasan wisata Besuki.

"Petugas setiap hari kita bagi menjadi dua shift, masing-masing empat orang petugas," tambahnya.

Baca juga:
DPRD Jatim Minta Dinkes Gencar Edukasi Pencegahan Flu Singapura

Petugas medis yang disiapkan di objek wisata maupun pos-pos tersebut, menurut Khotib, minimal tenaga perawat. Pun begitu, untuk dokter tetap siaga jika terjadi kondisi darurat.

Adapun untuk pelayanan di Puskesmas saat Lebaran dan tanggal merah petugas libur, namun ketika libur cuti bersama diterapkan sistem piket. Sedang, khusus untuk pelayanan Puskesmas rawat inap maupun rumah sakit pelayanan tetap buka 24 jam.

"Untuk Puskesmas rawat inap ada tujuh lokasi," terang Khotib.

Baca juga:
Kasus TBC di Sidoarjo Terus Meningkat, Ini Penjelasan Plt. Kepala Dinkes

Di Kabupaten Kediri keseluruhan ada 37 Puskesmas yang tersebar di 26 kecamatan, tujuh di antaranya merupakan rawat inap. Masing-masing Puskesmas Ngadiluwih, Mojo, Semen, Grogol, Papar, Kandangan dan Wates.

(ADV)