Pixel Codejatimnow.com

Cerita Bahagia Sopir Angkot Tangerang Mudik Balik Gratis ke Kediri

Editor : Arina Pramudita  Reporter : Yanuar Dedy
Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho memberangkatkan peserta mudik balik gratis. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho memberangkatkan peserta mudik balik gratis. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Idul Fitri tahun ini digambarkan Edi Widianto (50) sebagai momen keberuntungan baginya. Warga Sendang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, ini bisa berkumpul dengan keluarga karena ikuti mudik-balik gratis.

Program ini digelar Polri Presisi 2023, untuk memudahkan masyarakat berkumpul dengan keluarga. Edi menceritakan dirinya sudah empat tahun tak bisa mudik karena mengadu nasib di Tangerang, Banten, sebagai sopir angkot.

Ditemui di Polres Kediri, Edi semringah dan menyatakan siap kembali mencari rezeki di perantauan. Ia mengaku puas melepas rindu di kampung halaman setelah mudik beberapa hari.

“Kemarin (mudik) bareng Samsat (Polda Metro Jaya), gratis,” kata Edi, Selasa (25/4/2023) sebelum berangkat dari Polres Kediri menuju Tangerang.

Bagi Edi yang sudah 25 tahun bekerja di Tangerang, mudik-balik merupakan kesempatan emas. Empat tahun absen karena pandemi Covid-19, dia akhirnya pulang kampung. Program ini sangat membantu, mengingat biaya mudik yang tak murah. Edi mudik bersama kakak dan keponakannya.

Baca juga:
Kisah Polisi Kediri Bertaruh Nyawa Mencari Korban Tenggelam di Sungai Konto

Di momen Lebaran seperti saat ini, menurut Edi biaya pulang kampung memang sangat mahal. Bisa mencapai Rp2 juta per orang untuk biaya mudik-balik, karena tarif angkutan yang naik.

“Ini bukan lagi lumayan, untuk saya masyarakat bawah ini lumayan banget. Kalau pulang sendiri ya bisa Rp2 juta, tiket dan lain-lain. Apalagi sudah empat tahun nggak pulang,” sebutnya.

Polres Kediri total memberangkatkan 48 orang ke arah Jakarta dan sekitarnya. Selain Edi, masyarakat lain terlihat cukup antusias dengan program balik gratis ini.

Baca juga:
Korban Penganiayaan Bos PJTKI di Kediri Mencari Keadilan

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, pihaknya telah menyiapkan empat armada bus untuk program balik gratis tersebut. Bukan hanya hari ini, besok masyarakat masih bisa mendaftar dan memanfaatkan layanan ini.

“Kita siapkan empat armada bus, hari ini yang kita berangkatkan 48 orang. Kalau besok masih ada masyarakat yang mendaftar akan kita berangkatkan,” kata Kapolres Kediri.