Pixel Codejatimnow.com

Bandara Juanda Prediksi Puncak Arus Balik Capai 45 ribu Penumpang

Editor : Rochman Arief  
Bandara Internasional Juanda 440.066 penumpang sepanjang angkutan Lebaran 2023. (foto: Angkasa Pura I for jatimnow.com)
Bandara Internasional Juanda 440.066 penumpang sepanjang angkutan Lebaran 2023. (foto: Angkasa Pura I for jatimnow.com)

jatimnow.com - Bandara Internasional Juanda memperkirakan arus balik diperkirakan mencapai 45 ribu penumpang dengan 308 pergerakan pesawat yang jatuh Selasa (25/4/2023).

Perkiraan ini berdasarkan pada periode libur yang berakhir hari ini, menyusul jadwal libur yang ditetapkan pemerintah.

"Besok (Rabu, 26/4/2023) mayoritas masyarakat kembali beraktivitas, sehingga kami memperkirakan banyak pemudik yang memaksimalkan hari ini untuk melakukan perjalanan pada arus balik," kata General Manager, Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Sisyani, periode arus balik mulai terlihat sejak Senin (24/4/2023) atau pada H+2 libur Lebaran. Di hari tersebut jumlah penumpang yang dilayani mencapai 42.193.

Dari catatan tersebut, total penumpang yang telah bepergian melalui Bandara Internasional Juanda selama Posko Lebaran 2023 sebanyak 440.066 penumpang, atau naik 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 344.229 penumpang.

Baca juga:
Arus Balik dan Mudik, 122.958 Orang Naik Bus dari Terminal Seloaji Ponorogo

Sementara pergerakan pesawat juga tumbuh 21 persen, atau sebanyak 3.173 pergerakan pesawat. Sementara catyatan tahun sebelumnya mencapai 2.619 pesawat.

Menyikapi hal tersebut, Sisyani mengaku telah menyiapkan berbagai hal untuk kelancaran operasional. Di antaranya mengantisipasi kepadatan penumpang, dengan menyiapkan para petugas bandara untuk pengaturan pergerakan orang dan kendaraan.

Baca juga:
Ratusan Warga Ponorogo Nikmati Bus Sleeper Gratis Balik ke Jakarta

Pihaknya juga menambah fasilitas lain seperti X-ray untuk mempercepat pemeriksaan, dan memaksimalkan ruang tunggu bandara.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan para penumpang, bandara di bawah PT Angkasa Pura I juga telah menyediakan gerai-gerai tambahan yang dapat dijadikan alternatif penumpang sambil menunggu panggilan penerbangan.