Pixel Codejatimnow.com

Melon Jadi Incaran Maling di Pertokoan Banyuwangi, Kok Bisa?

Editor : Rochman Arief  Reporter : Eko Purwanto
Aksi pelaku saat hendak mencuri tabung gas elpiji 3 kg. (foto: tangkapan layar)
Aksi pelaku saat hendak mencuri tabung gas elpiji 3 kg. (foto: tangkapan layar)

jatimnow.com - Aksi pencurian melon gentayangan di sejumlah pertokoan di Banyuwangi. Terlebih pencurian itu sudah terjadi sejak awal Ramadan atau pada minggu ketiga Maret lalu.

Melon yang dimaksud adalah tabung gas elpiji 3 kilogram, yang menjadi incaran maling. Setidaknya ada empat toko yang lokasinya tidak jauh, yakni di Dusun Kabatmantren, Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar, yang menjadi sasaran maling.

"Total sudah empat toko, termasuk toko saya yang dicuri. Dengan total tabung gas elpiji yang diambil enam buah" ujar Eva Ayu Masitoh (32), pemilik Toko Laris Mart kepada jatimnow.com, Kamis (27/4/2023).

Eva menambahkan, keempat toko yang mengalami nasib serupa sudah menjadi korban pencurian, sebelum minimarketnya dibuka.

Korban pertama adalah ada Toko Kalim dengan total kehilangan sebuah tabung gas. Toko ini kehilangan tabung elpiji saat awal Ramadan atau pada akhir Maret silam.

Korban berikutnya Toko Ilham yang kehilangan dua tabung gas pada pertengahan Ramadan. Dan korban ketiga adalah Toko Ella yang kehilangan dua tabung gas. Toko ketiga ini kehilangan tabung kurang dari satu pekan dari pencurian di toko kedua.

"Dan yang terakhir toko saya, Rabu (26/4/2023) kemarin. Padahal belum genap satu bulan saya buka toko, kok sudah disambangi pencuri dan mengambil sebuah tabung gas," ungkapnya.

Baca juga:
Wanita di Pamekasan Curi Emas 50 Gram Milik Tetangga

Dari empat toko yang menjadi korban pencurian, wajah pelaku juga terekam melalui kamera CCTV yang dipasang Eva di etalase tokonya. Terlihat pelaku berpostur kurus, memakai jaket, celana pendek dan topi berwarna hitam, mendatangi toko sekitar pukul 08.00 WIB.

Tak kurang dari dua menit pelaku yang mengendarai motor matic warna merah itu langsung menggasak tabung gas yang dipampang di toko bagian depan.

Hal yang menjadi pertanyaan Eva adalah, tak satupun warga lain yang mengetahui aksi pelaku. Padahal, ada empat orang termasuk dirinya yang berada di belakang toko.

"Kebetulan saya dan tiga karyawan tengah mengemasi telur ayam. Mangkanya heran, aksi pencuri tidak terdengar. Tahunya pas ngecek CCTV ada maling," ujarnya.

Baca juga:
Viral, Wanita Diduga Curi Daging Kurban di Sidoarjo

Merasa geram, Eva berinisiatif melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Mapolsek Muncar. Bahkan ia mendengar pelaku diduga seorang residivis. Dugaan itu berdasarkan keterangan salah satu temannya yang mengenali wajah pelaku.

"Saat saya share ke medsos ada salah satu teman yang mengetahui wajah pelaku. Masih orang Muncar. Sengaja saya share ke medsos dan melapor ke polisi, biar ada efek jera," ujarnya.

Berbeda dengan korban Eva, ketiga toko yang sebelumnya mengalami nasib serupa enggan melapor dan memilih merelakan tabung gas digondol maling.