Pixel Codejatimnow.com

Kecelakaan di Jalur Klemuk Tertinggi saat Libur Lebaran 2023 Kota Batu

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Achmad Titan
Kendaraan yang mengalami rem blong di Jalur Klemuk Kota Batu (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Kendaraan yang mengalami rem blong di Jalur Klemuk Kota Batu (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Jalur Klemuk penghubung Kota Batu dengan Kabupaten Malang melalui Pujon menjadi penyumbang tertinggi kecelakaan pada musim libur lebaran 2023.

Jalur alternatif yang berada di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu itu memang memiliki kemiringan cukup ekstrem. Tercatat hanya dalam dua hari sejak 24-25 April 2023, ada 20 kecelakaan roda 2 maupun roda 4.

Namun kecelakaan tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Sebab sudah ada jalur penyelamat yang dibuat warga setempat dan relawan secara swadaya.

Salah satu relawan, Gandi Kusumo mengatakan, kecelakan rata-rata disebabkan rem blong kendaraan para pemudik atau wisatawan.

Baca juga:
Pengakuan Sopir Fortuner di Sidoarjo Soal Balita yang Terlindas

"Dalam dua hari ada 20 kecelakaan, didominasi roda dua. Untung saja sudah ada jalur penyelamat yang dibangun masyarakat dan relawan. Jika tidak bisa-bisa setiap kejadian berakibat fatal," ujar Gandi, Kamis (27/4/2023).

Rata-rata kendaraan mengalami rem blong karena tidak tahu kondisi jalan. Sebab para pengendara dan pengemudi hanya berpedoman pada Google Maps.

Baca juga:
Fakta-fakta Balita Tewas Terlindas Fortuner di Sidoarjo

Gandi mengimbau para pengendara dan pengemudi yang melewati Jalur Klemuk untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi baik.

"Serta mengetahui kondisi jalan yang cukup curam. Itu yang paling penting," tandasnya.