Pixel Codejatimnow.com

Motor Terjatuh Disenggol Pikap di Jombang, Belakangnya ada Bus Sugeng Rahayu Melaju

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Elok Aprianto
Kondisi Bus Sugeng Rahayu yang menabrak pembatas jalan di jalan raya Peterongan. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Kondisi Bus Sugeng Rahayu yang menabrak pembatas jalan di jalan raya Peterongan. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kecelakaan lalulintas melibatkan tiga kendaraan terjadi di jalan raya Peterongan, Kabupaten Jombang, pada Jumat (28/4/2023) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, Bus Sugeng Rahayu jurusan Surabaya-Yogjakarta menabrak pembatas jalan usai menghindari pengendara sepeda motor yang terjatuh ke jalan raya usai tersenggol mobil pikap.

Tiga kendaraan yang terlibat lakalantas yakni, sepeda motor Yamaha Mio nomor polisi (nopol) L 3153 TH, yang dinaiki Kamim (61) warga Desa Pertapan Maduretno, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Selanjutnya kendaraan mobil pikap bermuatan sapi nopol S 8426 WG, yang dikemudikan Syaifuddin (37) warga Desa Murukan, Kecamatan Mojoagung, Jombang.

Selanjutnya Bus Sugeng Rahayu nopol W 7480 UP yang dikemudikan Rifai (40) warga Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Menurut keterangan Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang Ipda Anang Setyanto kecelakaan lalu lintas ini berawal saat mobil pikap bermuatan sapi melaju dari arah timur menuju ke barat, atau dari arah Mojoagung menuju ke Jombang melalui jalur bawah flyover Peterongan.

Setibanya di lokasi kejadian pikap saat mau naik dari jalur yang bawah flyover ke jalur nasional, tidak memperhatikan arus lalu lintas yang ada sehingga menyenggol pengendara sepeda motor.

"Karena tidak memperhatikan arus lalu lintas yang ada, sehingga menyenggol kendaraan roda dua yang datang dari jalan flyover," ungkapnya.

Usai tersenggol mobil pickup, pengendara sepeda motor kehilangan kemudi, hingga akhirnya jatuh ke sisi kanan pada jalur nasional.

Baca juga:
Antisipasi Study Tour Berujung Kecelakaan, Dishub Kota Malang Sosialisasi ke Sekolah

"Kendaraan roda dua jatuh di jalan, dan bertepatan dengan itu, melaju dari arah timur bus Sugeng Rahayu. Bus itu refleks menghindari pengendara motor yang jatuh, dengan membanting setir ke kanan, hingga akhirnya menabrak pembatas jalan," paparnya.

Beruntung dalam peristiwa lakalantas yang melibatkan tiga kendaraan itu, tidak ada korban jiwa. Hanya saja pengendara sepeda motor mengalami luka ringan.

"Alhamdulillah tidak ada korban, cuman pengendara sepeda motor yang mengalami luka lecet di bagian kaki, sudah dilarikan ke Puskesmas Peterongan, dan sekarang sudah diperbolehkan pulang. Untuk bus sekarang melanjutkan perjalanan," jelasnya.

Sementara itu, Kamim pengendara sepeda motor mengatakan awalnya ia melaju dari arah Mojoagung ke arah Jombang. Dan saat berada di turunan flyover, tiba-tiba ada mobil pickup yang memotong laju sepedanya.

Baca juga:
Fakta-fakta Bus Sugeng Rahayu Terguling di Ngawi

"Saya lurus dari timur ke arah barat, terus tiba-tiba mobil itu (pikap) memotong saya. Saya sudah arahkan ke kanan masih diikuti aja, lalu saya terjatuh," bebernya.

Saat terjatuh, ia menyadari bahwa dari arah yang sama datang kendaraan bus Sugeng Rahayu. Beruntung sopir bus mampu mengarahkan kemudi ke kanan hingga akhirnya menabrak pembatas jalan.

"Untungnya bus tadi cepat ngerem. Ya gak tau gimana nasib saya kalau bus itu gak sempet ngerem, dan belokkan ke kanan. Jadi trotoar (pembatas jalan) yang ditabrak karena menghindari saya," pungkasnya.