Pixel Codejatimnow.com

Catat Tanggalnya! Bupati Ponorogo Siapkan 2 Bus Balik Gratis ke Jakarta

Editor : Rochman Arief  Reporter : Ahmad Fauzani
Warga Ponorogo mengikuti balik gratis dengan tujuan Jakarta dan sekitarnya yang diselenggarakan pemkab dan Polres Ponorogo. (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Warga Ponorogo mengikuti balik gratis dengan tujuan Jakarta dan sekitarnya yang diselenggarakan pemkab dan Polres Ponorogo. (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sedikitnya 265 warga mengikuti program balik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan Polres Ponorogo, Jumat (28/4/2023). Adapun tujuan balik gratis ini adalah Jakarta.

Para perantau ini terlebih dahulu melakukan registrasi sebelum diberangkatkan Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko yang didampingi Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo dan Dandim 0802, Kolonel Inf Hirata Juni Adriyansah.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, sebanyak lima bus untuk memberangkatan ratusan perantau dari Bumi Reog. Namun pada pemberangkatan pertama ini pihaknya memberangkatkan tiga bus terlebih dahulu.

"Hari ini kami berangkatkan 265 orang dengan tujuan Jakarta dan sekitarnya. Untuk sementara baru tiga bus yang sudah berangkat, sedangkan dua bus segera menyusul," kata Kang Giri, sapaannya.

Dia menjelaskan memberangkatkan pemudik secara gratis untuk memberi rasa nyaman selama di jalan. Faktor lain untuk menekan kepadatan lalu lintas sekaligus menjaga keamanan pemudik.

Baca juga:
Burung Perkutut Bikin Pria di Ponorogo Raup Cuan Ratusan Juta Rupiah

Kang Giri, juga berharap balik gratis ini untuk menghindari warganya berdesakan-desakan di kendaraan umum.

Adapun Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo menjelaskan program balik gratis ini untuk mengakomodasi masyarakat yang betul-betul ingin balik ke perantauan.

“Terutama tujuan ke Jakarta. Atau sepanjang jalur tujuan Jakarta. Adapun warga yang balik ini betul-betul perantau yang sudah mendapatkan pekerjaan, dan bukan pencari kerja,” tegasnya.

Baca juga:
Balon Udara Tanpa Awak Meledak di Ponorogo, Polisi Tetapkan 2 Tersangka

Sementara itu, salah satu perantau Fara Ayu mengaku ikut balik gratis lebih hemat dibanding harus membeli tiket kendaraan umum. Sebelumnya ia sudah kehabisan tiket kereta api untuk balik ke Ibu Kota.

"Kebetulan saya lihat di instagram ada program balik gratis. Tentu senang. Bisa menghemat uang, nyaman dan aman,” ujar perempuan yang bekerja di Perpustakaan Nasional sebelum diberangkatkan Sugiri Sancoko.