Pixel Codejatimnow.com

Batasi Hotel di Kediri, Mas Dhito Bakal Perbanyak Homestay

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Yanuar Dedy
Mas Dhito itu saat memberikan sambutan Grebeg Syawal dan launching Desa Wisata Sidomulyo. (Foto: Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)
Mas Dhito itu saat memberikan sambutan Grebeg Syawal dan launching Desa Wisata Sidomulyo. (Foto: Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Usai launching destination branding Kediri Berbudaya, saat ini bermunculan desa-desa wisata baru di Kabupaten Kediri. Melihat hal tersebut Bupati Kediri Hanidhito Himawan Pramana berencana memperbanyak homestay.

Rencana tersebut disampaikan bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu saat memberikan sambutan Grebeg Syawal dan Launching Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Wates, Sabtu (29/4/2023) kemarin.

Menurutnya, homestay ini dapat langsung berdampak kepada masyarakat di sekitar desa wisata. Dengan demikian ekonomi akan berputar pada masyarakat.

“Tidak menutup kemungkinan, Pemkab nantinya akan membatasi hotel. Hotel nggak boleh terlalu banyak, homestay yang banyak,” kata Mas Dhito melalui rilis yang diterima redaksi, Minggu (30/4/2023).

Bagi desa yang memiliki destinasi wisata, lanjut Mas Dhito, kepala desa diminta menyiapkan homestay. Pihaknya juga berjanji akan terjun langsung untuk mengecek homestay dan melakukan pendampingan serta evaluasi.

Hal ini dilakukannya untuk menyambut bandara baru yang rencana akan beroperasi pada Oktober 2023 mendatang.

Baca juga:
PDIP Bebaskan Mas Dhito Pilih Wakil di Pilbup Kediri 2024

“Nanti kita cari di Bulan Mei-Juni ini kita lihat kapan (agenda) kosong, saya tidur di sini. Kita tes homestaynya,” terang Mas Dhito.

Bupati muda berusi 30 tahun itu berharap besar Desa Wisata Sidomulyo dapat bertahan dan berkembang. Mengingat desa yang memiliki 10 Homestay tersebut berada di akses utama menuju Gunung Kelud.

“Karena desa Sidomulyo adalah salah satu desa yang dilewati untuk akses utama menuju Gunung Kelud. Maka harapan saya sangat besar sekali,” pungkasnya.

Baca juga:
PDIP Ajak 7 Partai Pengusung Kembali Calonkan Mas Dhito di Pilbup Kediri 2024

Adapun destinasi wisata dan budaya yang berada di Desa Sidomulyo ini antara lain Sumber Ganggong, Kesenian Lesung, Jaranan, edukasi serta produksi Kerupuk Gadung.