jatimnow.com

Kebakaran di Lereng Gunung Buthak, Ratusan Pendaki Diminta Turun

Editor : Arif Ardianto
Kebakaran di lereng gunung Buthak 🔍
Kebakaran di lereng gunung Buthak

jatimnow.com - Akibat kebakaran yang terjadi di kawasan sekitar Gunung Buthak, Kota Batu, sejumlah pendaki yang sedang melakukan pendakian diminta oleh turun.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rohim mengatakan setidaknya ada 200  pendaki saat kebakaran melanda kawasan Gunung Buthak dan Panderman.

"Ada sekitar 200-an pendaki. Kita minta mereka turun untuk keselamatan," ungkap Rohim kepada jatimnow.com, Sabtu siang (18/8/2018).

Ia menambahkan, jalur pendakian ke Gunung Buthak melalui Gunung Panderman di Kota Batu pun ditutup total mulai malam tadi hingga batas waktu yang belum kita tentukan untuk antisipasi keselamatan.

"Kita tutup total untuk sementara waktu sampai batas waktu belum ditentukan," lanjutnya.

Sementara itu, hingga Sabtu siang sejumlah petugas gabungan Perhutani, BPBD Kota Batu, LMDH, dan para relawan masih terus melakukan proses pemadaman api.

Sulitnya medan, area terbakar yang luas, dan angin yang bertiup kencang membuat proses pemadaman berlangsung cukup lama.

Sebelumnya, kawasan antara Gunung Buthak dan Gunung Panderman di Kota Batu diketahui terbakar pada Jum'at malam pukul 22.00 Wib. Warga sekitar lereng yang melaporkan ke BPBD Kota Batu adanya titik api.

Reporter : Avirista Midaada
Editor: Arif Ardianto

Loading...