Pixel Codejatimnow.com

Pembacokan di Perkebunan PTPN XII Banyuwangi, 1 Tewas

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Eko Purwanto
Proses identifikasi dan olah TKP yang dilakukan Inafis Polresta Banyuwangi. (Foto: Eko Purwanto/jatimnow.com)
Proses identifikasi dan olah TKP yang dilakukan Inafis Polresta Banyuwangi. (Foto: Eko Purwanto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Insiden pembacokan terjadi di Perkebunan PTPN XII Kalitelepak, masuk Afdeling Sumbermanggis, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi. Satu orang tewas dan satu orang lainnya kritis dalam pembacokan yang melibatkan sesama mitra pekerja perkebunan itu.

Korban tewas diketahui bernama Bibit (55). Jasadnya tergeletak bersimbah darah setelah diduga disabet oleh SN (50), rekan kerja kedua korban. Sedangkan korban kritis bernama Slamet (51) yang kini dalam perawatan RS Al Huda Gambiran.

Insiden pembacokan itu terjadi pada Kamis (4/05/2023) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Tubuh keduanya pertama kali ditemukan oleh mandor perkebunan bernama Puji Kurniawan (30).

"Tahu- tahu sudah tergeletak di persimpangan jalan kebun. Keduanya bersimbah darah. Baru diketahui oleh pengawas kerja," ujar Subur Pamungkas, Humas Perkebunan Kalitelepak PTPN XII kepada jatimnow.com.

Melihat kondisi Slamet yang masih tergolek lemas dan masih memiliki nafas, lanjut Subur, pihaknya langsung mengupayakan evakuasi korban menuju rumah sakit.

"Kita bawa ke RS Al Huda Gambiran menggunakan mobi Jeep. Sampai kini kita belum tahu kondisi korban. Dengar-dengar masih kritis," ungkapannya.

Hingga kini motif pembacokan masih tanda tanya. Dari pengakuan Mustari (53), rekan kerja korban dan pelaku, sebelumnya tak ada cekcok ataupun perselisihan diantara ketiganya.

Semua rekan kerja mengaku kaget mengapa SN tega membacok kedua korban hingga menewaskan satu orang rekannya.

Baca juga:
Oknum Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Ipar

"Heran juga. Ketiganya juga mitra kerja dan juga kerap bersenda gurau. Semua temannya kaget di sini," ujarnya.

Pasca-insiden pembacokan itu, SN melarikan diri dan belum diketahui keberadaannya. Pria asal Ngapakan, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung itu masih diburu polisi.

Dari pantauan jatimnow di lokasi kejadian, tim Inafis Polresta Banyuwangi langsung melakukan olah TKP dan identifikasi sekitar pukul 10.00 WIB. Proses pemeriksaan rampung, jasad Bibit lalu dibawa ke RSUD Blambangan Banyuwangi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus ini.

Baca juga:
Warga Pamekasan Pulang Ngarit Dibacok Pria Misterius

"Identitas pelaku sudah kami kantongi dan sekarang masih proses pengejaran," kata Kapolsek Siliragung AKP Mujiono.

Namun, polisi belum bisa menanyai korban lebih lanjut soal detail peristiwa. Sebab, tak ada saksi mata lain di lokasi saat kejadian.

"Korban selamat belum bisa ditanyai lebih detail karena luka parah," ujarnya.