Hari Kemerdekaan, Penyandang Disabilitas Berparade Motor Roda 3

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Komunitas DMI Surabaya saat parade di Taman Kunang-Kunang

jatimnow.com - Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia biasa diperingati dengan upacara bendera dan berbagai kegiatan seperti lomba agustusan, jalan sehat, pawai, hias kampung dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Disable Motorcycle Indonesia (DMI) Kota Surabaya. Sekelompok penyandang disabilitas ini turut serta memperingati HUT RI dengan mengadakan lomba dan parade sepeda motor roda 3 dengan berkeliling kota Surabaya.

Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan penggalangan dana korban gempa Lombok pada Minggu (19/8/2018) mulai pukul 08.00 WIB.

50 orang disabilitas yang tergabung dalam komunitas DMI melaksanakan parade. Parade ini melewati rute dari Taman Kunang-Kunang Jalan Penjaringan Sari menuju Tugu Pahlawan. Kemudian, dari Jalan Pahlawan kembali finish menuju Taman Kunang-Kunang.

"Selain parade kami juga mengadakan lomba untuk motor roda 3 hias yang kami pakai. Setiap pengguna motor akan diberikan nomor urut yang nanti dinilai, mana yang bagus dalam menghiasnya. Motor tersebut dihias dengan pernak-pernik agustusan," ujar Ketua Komunitas DMI Surabaya, Suntoro Danny.

Danny (39) menerangkan, sebagai pengguna motor roda 3, pihaknya juga ingin memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 73 RI dengan keliling Kota Surabaya. Selain itu juga mengenalkan komunitasnya kepada masyarakat dan mengguyubkan teman-teman komunitas motor.

"Kami nanti juga akan melakukan baksos penggalangan dana untuk korban gempa di lombok. Untuk motor hias baru tahun ini dilaksanakan. Kalau tiap tahun saat memperingati hari disabilitas internasional se Jawa Timur kumpul berkeliling Kota Surabaya sambil demo, apa yang bisa kita suarakan," terang Danny kepada jatimnow.com.

Pria lulusan hukum ini juga mengatakan, penggalangan dana akan dilakukan dititik-titik lampu merah yang banyak dilalui pengguna jalan. Hasil dari penggalangan dana tersebut akan dikumpulkan jadi satu dengan komunitas motor lain di Surabaya.

"Rute-nya nanti start dari Taman Kunang-Kunang, menuju arah Jalan Panjang Jiwo-Jalan Bratang-Jalan Dinoyo-Jalan Pandegiling- Jalan Embong Malang-Jalan Bubutan, kemudian berhenti di Tugu Pahlawan. Pointnya disitu kami akan penggalangan dana korban gempa Lombok," tuturnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes

 

 

 

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter