Pixel Codejatimnow.com

Pineapple Festival 2023, Mas Dhito: Fokus Pada Hilirisasi dan Industrialisasi Nanas

Editor : Aris Setyoadji  Reporter : Yanuar Dedy
Gelaran Pineapple Festival 2023. (Foto : Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)
Gelaran Pineapple Festival 2023. (Foto : Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Gelaran Pineapple Festival 2023 resmi dibuka. Event tahunan yang sempat vakum selama pandemi ini digelar di Rest Area Gunung Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, 6-7 Mei 2023.

Pada gelaran hari pertama ini dilaksanakan aneka lomba, pameran olahan dan edukasi terkait budidaya nanas. Sementara untuk besok, Minggu (07/05/2023) menjadi puncak acara yakni diselenggarakan pawai tumpeng nanas, fashion pineapple carnival, dan gerebek nanas.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Anang Widodo, menjelaskan ada beberapa pesan yang ingin disampaikan oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang akrab dipanggil Mas Dhito ini dalam Festival nanas tahun 2023 ini. Pesan utama bahwa Kabupaten Kediri memiliki potensi budidaya nanas yang cukup besar.

“Berdasar tahun 2022 luasan budidaya nanas Kabupaten Kediri sebesar 2.578 hektar. Terdiri dari empat varietas yakni queen, simplex, pasir kelud dan semut kayen,” jelas pria yang hadir dengan mengenakan topi dari serat nanas ini.

Baca juga:
Gerindra Usulkan Dhito-Deny di Pilbup Kediri 2024

Dijelaskan oleh Nanang, Mas Dhito fokus pada hilirisasi dan industrialisasi nanas. Arahannya agar Nanas Kabupaten Kediri selain dijual dalam bentuk buah, harus dioptimalkan dalam bentuk produk turunan olahan nanas. Sehingga memberi nilai tambah bagi warga masyarakat.

“Harapan kami sebenarnya kegiatan ini selain bisa menghibur juga menggali kreatifitas potensi khususnya produk varian nanas. Lewat pameran yang digelar hari ini, muncul kreatifitas hasil olahan dan muncul potensi baru terkait produk turunan buah nanas. Ada pie nanas,dodol, jenang natadepinas, bolunanas, sari nanas madumongso nanas, juga produk fashion serat nanas,” imbuh Anang.

Baca juga:
Ziarah ke Makam Bung Karno, Mas Dhito: Kita Teruskan Api Perjuangan Beliau

“Pesan Mas Dhito pada Bulan Agustus saat bandara first landing, produk nanas harus menjadi sajian utama dari Kabupaten Kediri. Sekaligus menjadi ikon dan memberikan pesan belum ke Kediri kalau belum membawa pulang produk nanas,” pungkasnya.