Pixel Codejatimnow.com

Survei ARCI: Prabowo Masih Unggul Pasca Pencapresan Ganjar Pranowo oleh PDIP di Pemilu 2024

Editor : Aris Setyoadji  Reporter : Ni'am Kurniawan
Pihak ARCI memaparkan hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur.(foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Pihak ARCI memaparkan hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur.(foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) memaparkan hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur untuk Pemilu 2024.

Hasilnya, Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Timur saat survei simulasi 3 nama calon.

"Simulasi 3 calon, Prabowo Subianto memiliki elektabikitas tertinggi di Jawa Timur unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (10/5/2023).

Dalam simulasi 3 calon, elektabilitas Prabowo di Jatim 29,7%. Kemudian Ganjar Pranowo sebesar 28,5 persen, dan Anies Baswedan sebesar 15,2 persen, dan 23,3 persen responden yang belum menjawab.

Baihaki mengungkapkan alasan elektabilitas Prabowo saat simulasi 3 calon tertinggi. Dirinya menyebut, suara Prabowo merata di beberapa sektor pemilih.

Salah satunya untuk pemilih Nahdliyin, Prabowo menjadi figur capres yang banyak dipilih warga Nahdliyin di Jatim yakni 31,06 persen unggul atas Ganjar sebesar 30,01 persen, dan Anies Baswedan sebesar 18,4 persen. Masih ada 20,5 persen responden Nahdliyin yang belum menentukan pilihan.

"Jadi di kalangan Nahdliyin Prabowo ini banyak yang memilih," tambahnya.

Baca juga:
AMJ Minta Anggotanya Move On dari Kubu-kubuan Pilpres-Pileg 2024

Dalam survei capres top of mind, Baihaki menyebut Prabowo juga masih unggul dengan 17,7 persen, kemudian Ganjar Pranowo 17,3 persen, Anies Baswedan 11,9 persen, Mahfud MD 9,7 persen. Tetapi sebanyak 43,3 persen responden masih belum menentukan pilihan.

Saat disimulasikan dengan tokoh Jawa Timur (Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa) di Pilpres 2024 dengan komposisi 3 calon atau 4 calon, Prabowo tetap unggul di Jatim.

"Meski Ganjar sudah di-capreskan PDIP, elektabilitas Prabowo di Jatim masih unggul. Faktor utamanya memang Prabowo ini cukup banyak dipilih warga Nahdliyin," tandasnya.

Baca juga:
Sidang Sengketa Pilpres, Saksi Kubu Paslon 03 Beberkan Fakta-fakta Ini

Survei ARCI dilakukan pada 25 April-4 Mei 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.249 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.


Berikut elektabilitas capres top of mind di Jawa Timur menurut survei ARCI:

1. Prabowo Subianto 17,7%
2. Ganjar Pranowo 17,3%
3. Anies Baswedan 11,9%
4. Mahfud MD 9,7%
Tidak tahu/belum menjawab 43,3%