Pixel Code jatimnow.com

PKS Jombang Usung 18 Persen Bacaleg Milenial

Editor : Aris Setyoadji   Reporter : Elok Aprianto
Jajaran pengurus DPD PKS Kabupaten Jombang, usai mendaftarkan bacalegnya ke kantor KPU Jombang.(Elok Aprianto/jatimnow.com)
Jajaran pengurus DPD PKS Kabupaten Jombang, usai mendaftarkan bacalegnya ke kantor KPU Jombang.(Elok Aprianto/jatimnow.com)

 

jatimnow.com - Sedikitnya ada 15 orang kader dan pengurus DPD PKS Kabupaten Jombang, mendatangi kantor KPU Jombang,Jumat (12/5/2023) sore.

Kedatangan mereka ini, untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) PKS untuk mengikuti pemilihan umum legislatif di tahun 2024 nanti.

Arifin selaku sekretaris DPD PKS Jombang menjelaskan jajaran pengurus DPD PKS Jombang mendaftarkan bacaleg ke kantor KPU, sejumlah 50 orang.

"Dan komposisi alhamdulilah untuk keterwakilan perempuan ada sebanyak 48 persen," ungkapnya pada sejumlah jurnalis di depan kantor KPU Jombang.

Selain itu, ia menyebut bahwa jajaran kader dan pengurus DPD PKS sengaja daftar ke KPU menggunakan seragam orange. Dimana warna ini sangat identik dengan kaum milenial.

"Melihat secara warna, orange adalah milenial sekali, dengan jumlah 18 persen kader milenial. Harapan kami InsyaAllah semua komponen bisa menempati posisi yang strategis dan semuanya mewakili untuk menjadi anggota dewan kita," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pada pemilu legislatif tahun 2024 nanti. Musda DPD PKS Jombang menargetkan beberapa kursi di DPRD Jombang.

"Sesuai dengan amar musda, target kami adalah 8 kursi, atau 15 persen. Hal itu juga sesuai dengan nomor partai kita yakni nomor 8," paparnya.

Baca juga:
Dwi Hari Cahyono Maju Pilwali Malang, Janji 100 Hari Prioritaskan Masalah Banjir

Saat ditanya bagaimanakah efek samping perolehan suara partai PKS di Jombang, setelah PKS secara resmi mengusung Anis sebagai capres di Pilpres 2024 nanti.

Ia menjawab, selama ini perolehan suara partai PKS terus mengalami kenaikan. Dan karena kedekatan PKS dengan Anis, maka dipastikan suara partai dan perolehan kursi DPRD Jombang akan terdongkrak.

"Selama ini perolehan suara PKS selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan adanya Anis yang dekat dengan kita (PKS) akan ada efek yang mendongkrak suara PKS," terangnya.

Sementara itu, ketua KPU Jombang Athoillah menjelaskan pada hari Jumat , tepatnya hari ke 12 pendaftaran bacaleg ke KPU, ada dua partai yang mengkonfirmasi pendaftaran dan menyerahkan berkas bacaleg ke KPU.

"Hari ini yang datang ke KPU, yang pertama dari PAN. PAN datang jam satu siang. Kemudian baru selesai ini PKS. Jadi hari ini ada dua partai politik," paparnya.

Baca juga:
PKS-Gerindra Hadiri Tasyakuran Posko Vinanda, Sinyal Koalisi di Pilwali Kediri?

Usai menyerahkan berkas, sore ini Athoillah mengaku petugas dari KPU akan melakukan verifikasi administrasi.

"Berkas ini nantinya akan diteliti, untuk mengetahui berkasnya lengkap atau tidak. Tahap ini sampai tanggal 14 nanti, jam 23.59," katanya.

Ia mengatakan selama ini, hampir semua partai politik peserta pemilu sudah mengkonfirmasi dan sebagian sudah menyetorkan berkas ke KPU. Namun demikian masih ada beberapa partai yang belum mengkonfirmasi pendaftaran.

"Beberapa partai sudah mengkonfirmasi waktunya, ada yang besok ada juga yang lusa. Yang belum mengkonfirmasi itu ada tiga. Yakni partai Garuda, partai umat, dan partai PSI," pungkasnya.