Pixel Codejatimnow.com

Kembangkan Literasi, PCU Gelar Pengabdian Masyarakat di Taman Bacaan Gang Dolly

Editor : Aris Setyoadji  Reporter : Farizal Tito
Tim PCU menyerahkan peraga pada bu Pujiastuti (baju pink) selalu Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya.(Ajeng for jatimnow.com)
Tim PCU menyerahkan peraga pada bu Pujiastuti (baju pink) selalu Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya.(Ajeng for jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah 50 mahasiswa bersama dosen dan tenaga kependidikan Petra Christian University (PCU) menggelar pengabdian masyarakat (pengemas) di Taman Bacaan Gang Dolly, di RW 12 Putat Jaya, Sawahan, Surabaya. Sabtu (13/5/2023).

Kegiatan bertajuk Sosialisasi Program Belajar Kreatif untuk Matematika, Akutansi dan Arsitektur itu mengajak anak-anak untuk mengenal bidang Pendidikan dengan cara yang asyik.

Pendidikan bagi kaum marginal dilindungi oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sendiri memainkan peran sentral dalam penyediaan pendidikan dan membutuhkan pengabdian masyarakat untuk membuat alat bantu belajar yang lebih menarik dan inklusif.

Berdasarkan ini maka dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa PCU dari berbagai prodi menggelar pengabdian masyarakat mengenai penguatan literasi dasar.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Gunawan Tanuwidjaja sebagai ketua tim yang didukung oleh tiga anggota tim yaitu Priskila Adiasih; Dian Wulandari; dan Iman Subekti dari Prodi Architecture, Program Business Accounting, Prodi Elementary Teacher Education (PG SD) dan Perpustakaan UK Petra.

“Kegiatan ini telah dimulai sejak 11 Februari 2023 yang lalu. Secara rutin setiap weekend kami mengadakan berbagai kegiatan di TBM itu. Bersama mahasiswa, kami menggelar pengabdian masyarakat bertajuk Sosialisasi Belajar Kreatif untuk Matematika, Akuntansi dan Arsitektur,” kata Gunawan.

Baca juga:
DPRD Surabaya Usulkan Keterlibatan Milenial dalam Pengembangan Industri Kreatif Dolly

Gunawan dan tim ini bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Tak hanya itu saja, kegiatan ini juga dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra (Himaartra) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Menulis Kreatif.

Para anak-anak di TBM Putat Jaya yang berjumlah kurang lebih 70 anak. Mereka sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan berbeda.

“Tetapi karena tempatnya sempit maka biasanya kami lakukan secara bergilir tiap hari Sabtu itu, agar semua bisa merasakan kegiatan mulai dari mendongeng, mewarnai rumah sehat dan rumah Joglo, aktifitas membuat celengan, membereskan rumah, hingga membuat miniatur kota Surabaya,” tambah Gunawan.

Baca juga:
Ultah Perak DKV PCU Pamerkan Karya Alumni yang Tersebar di 10 Negara

Setelah berjalan kurang lebih tiga bulan, tim ini menyerahkan hasil abdimas pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Surabaya pada 13 Mei 2023 mulai pukul 09.00 WIB. Acara yang dilaksanakan di TBM Balai RW 12 ini juga akan dimeriahkan beberapa kegiatan diantaranya anak-anak akan menyelesaikan miniatur sederhana yang dengan tema Masjid Agung.

“Abdimas ini sangat membuka mata saya tentang kampung kota. Selain itu kami belajar bagaimana mengajarkan prinsip arsitektur tentang kota yang sehat kepada anak-anak di Putat Jaya secara asyik. Makasih atas Dispusip dan Warga RW 12 Putat Jaya untuk dukungan pada kegiatan ini,” ungkap Kristoforus, seorang mahasiswa Architecture PCU semester enam yang turut serta dalam abdimas.