Pixel Codejatimnow.com

Sistekin Untag Surabaya Gandeng Google Inovasikan Pembelajaran Komputasi Awan

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Farizal Tito
Sistekin Untag Surabaya Gandeng Google Inovasikan Pembelajaran Komputasi Awan (Foto: DSI for jatimnow.com)
Sistekin Untag Surabaya Gandeng Google Inovasikan Pembelajaran Komputasi Awan (Foto: DSI for jatimnow.com)

jatimnow.com - Google Cloud menggelar serangkaian pelatihan dan pembelajaran Google Cloud Platform (GCP) di Auditorium Lantai 6, Gedung Pusat Perkantoran Yayasan dan Rektorat, Untag Surabaya.

Kegiatan ber-tagline "JuaraGCP" tersebut didukung langsung oleh Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya, yang digelar pada Sabtu (13/5/2023).

Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho dalam sambutannya mengatakan, GCP memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan juga mempermudah kegiatan sehari-hari dengan memberikan solusi teknologi.

"Besar harapan, anak-anak muda dapat memberikan atensi baik di GCP sehingga melahirkan inovasi-inovasi baru," ujar Prof Mulyanto Nugroho dalam siaran tertulisnya, Minggu (14/5/2023).

Smeentara Kepala Program Studi (Kaprodi) Sistekin Untag Surabaya, Supangat menekankan bahwa GCP telah menjadi pendorong dalam era digital yang semakin berkembang.

Tujuannya untuk memahami komputasi awan khususnya yang disediakan oleh Google Cloud baik bagi para pengembang maupun Profesional Teknologi Informasi (TI).

Baca juga:
Pakar Sistekin Untag Surabaya: Lindungi Data, Masa Depan Aman

"GCP tidak hanya memberikan akses ke teknologi terdepan, tetapi juga menyediakan peluang belajar dan berkolaborasi dengan komunitas pengembang yang luas. GCP juga digunakan oleh perusahaan dan organisasi dalam mengamankan data mereka," ujar Supangat.

"Sejalan dengan fokus Sistekin Untag Surabaya, di era serangan siber semakin kompleks, kehadiran GCP sebagai platform komputasi awan yang aman memberikan solusi yang andal bagi perusahaan untuk menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data," tambahnya.

Infrastructure Engineer di Ruang Guru, Ronald Dimas Yuandika dan Senior Data Consultant di Narasio Data, Rahayu Oktavia P sebagai pemateri memaparkan materi serta pelatihan secara step by step terkait beberapa task yang tersedia di Google Cloud salah satunya Filtering and Sorting Data in Looker.

Baca juga:
Dosen Sistekin Untag Surabaya Dukung Pengembangan Teknologi PKM UWG Malang

Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai Sistem Teknologi Informasi pada Google Cloud, antusiasme peserta semakin meningkat ketika mendapatkan tambahan benefit 100 credits untuk mengikuti beberapa task dan sertifikasi resmi dari Google setelah menyelesaikan task tersebut.

Salah satu peserta "JuaraGCP" dari PT Inti Karya Teknologi, Ina Ratudduja mengaku sangat berkesan setelah mengikuti kegiatan tersebut.

"Acara ini sangat bermanfaat, dengan mengikuti pelatihan yang diadakan langsung hingga dituntun step by step seperti ini semakin meningkatkan pemahaman saya ketika menggunakan platform Google Clouds, terutama dapat membantu saya dalam bidang pekerjaan. Selain itu, sumber daya yang tersedia di GCP sangat membantu bagi pemula seperti saya untuk belajar dan tumbuh dalam dunia teknologi," ungkap Ina.