Jelang Idul Adha, Harga Bumbu di Kediri Stabil

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Penjual bumbu layani pembeli

jatimnow.com - Harga sejumlah komoditas bumbu masak di Pasar Payung Kota Kediri, relatif stabil dan cenderung mengalami penurunan, menjelang hari raya idul adha.

Kondisi ini berbeda dengan hari raya kurban tiga tahun terakhir, yang bersamaan dengan kenaikan harga bumbu dapur. "Sekarang harganya murah dan stabil, beda dengan yang dulu," ujar Sunarsih, salah seorang penjual.

Harga cabe yang biasanya naik jelang perayaan hari besar keagamaan, kini stabil di harga Rp 23 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah turun dari Rp 25 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

Untuk harga bawang putih relatif stabil dikisaran Rp 18 ribu hingga Rp 22 ribu per kilogram. Ketiga jenis bumbu tersebut banyak dicari oleh masyarakat untuk memasak daging hewan kurban.

Selain itu aneka rempah-rempah seperti jahe, kunyit, kencur serta lada bubuk juga banyak dicari. Berbagai jenis bahan penghilang bau amis pada daging kurban seperti daun jeruk dan serai menjadi salah satu komoditas yang banyak dibeli oleh masyarakat. "Mereka banyak membeli bumbu untuk memasak daging hewan kurban," imbuhnya.

Stabilnya harga bumbu dapur ini disyukuri oleh para ibu rumah tangga. Mereka mengaku tidak perlu menambah anggaran belanja harian untuk membeli bumbu.

"Biasanya keluarga berkumpul dan memasak bersama daging kurban makanya kita beli bumbu agak banyak," tutur Rahmi, salah seorang ibu rumah tangga.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter