Pixel Codejatimnow.com

Pasangan Capres Prabowo-Erick Tohir Diminati Publik

Editor : Aris Setyoadji  Reporter : Ni'am Kurniawan
Tangkapan layar survei simulasi pasangan.
Tangkapan layar survei simulasi pasangan.

jatimnow.com - Ketum Gerindra Prabowo Subianto masih memuncaki elektabilitas dibandingkan Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Dari hal itu, Lembaga Survei Jakarta (LSJ) mencoba untuk melakukan simulai pasangan Capres 2024.

Dari data yang dihimpun LSJ dalam simulasi calon, ada tiga pasangan yang diujicobakan. Tiga pasangan tersebut, dirangkum dalam catatan elektabilitas dari waktu ke waktu. Pertama pasangan Prabowo-Erick Tohir, Ganjar-Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan-AHY.

"Ternyata duet Prabowo-Erick paling banyak dipilih responden dengan elektabilitas 38,5 persen," ucap Peneliti Senior LSJ Fetra Ardianto, Rabu (24/5/2023).

Dengan tingkat persaingan elektabilitas yang sangat ketat, jika ketiga pasangan tersebut jadi terwujud dalam Pilpres 2024, besar kemungkinan pilpres akan berlangsung dua putaran.

Baca juga:
Pospera Jatim Siap Gerilya Door to Door Menangkan Ganjar Pranowo

"Prabowo-Erick akan menjadi pasangan pertama yang lolos ke putaran kedua. Sementara satu pasangan lainnya akan diperebutkan secara sengit antara Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY," lanjut dia.

Sedangkan pasangan Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY bersaing ketat. Sebanyak 29,8 persen responden memilih Ganjar-Sandiaga, dan 28,9 persen responden memilih Anies-AHY.

Baca juga:
Seputar Persik Kediri dan Pemainnya hingga Foto Latihan Timnas Indonesia

"Dengan selisih elektabilitas hanya 0,9 persen, jauh di bawah margin of error survei LSJ, maka posisi Ganjar-Sandiaga dan Anies-AHY bisa saja terbalik," pungkasnya.