Pixel Codejatimnow.com

Gempa Bojonegoro, BPBD Imbau Warga Waspada Potensi Guncangan Susulan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Misbahul Munir

jatimnow.com - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya gempa susulan.

Sementara hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan yang timbul akibat terjadinya gempa.

Kalaksa BPBD Bojonegoro Ardian Orianto menjelaskan berdasarkan data hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4,0 Episenter. Gempa bumi terletak pada koordinat 7,11° LS ; 111,85° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 Km Barat Laut pada kedalaman 7 km.

"Kejadiannya pukul 08.04.23 WIB wilayah Bojonegoro, Tuban dan sekitarnya diguncang gempa tektonik," jelas Ardian pada Senin (12/6/2023).

Baca juga:
Tinggal Seorang Diri, Kakek di Bojonegoro Ditemukan Membusuk di Rumahnya

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," tambahnya.

Menurutnya gempa dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Bojonegoro, khususnya yang berada di dalam ruangan atau gedung. Hingga pukul 08.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca juga:
Persik Gagal Menang, Banjir Bandang Menerjang Akibatkan Jembatan Terputus

"Sampai dengan saat ini kami belum menerima laporan kerusakan dampak gempa tersebut. Diimbau untuk selalu waspada terhadap gempa susulan," pungkasnya.