Pixel Codejatimnow.com

Warga Kangean Antusias Ikut Pelayanan Hukum dan HAM Bergerak

Editor : Redaksi  
Masyarakat antusias memanfaatkan pelayanan hukum dan HAM bergerak yang diinisiasi Kanwil Kemenkumham Jatim. (Foto-foto: Humas Kemenkumham Jatim)
Masyarakat antusias memanfaatkan pelayanan hukum dan HAM bergerak yang diinisiasi Kanwil Kemenkumham Jatim. (Foto-foto: Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Pelayanan hukum dan HAM bergerak yang diinisiasi Kanwil Kemenkumham Jatim mendapatkan respon positif dari masyarakat Kepulauan Kangean. Puluhan warga memadati pendopo Kecamatan Arjasa untuk memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh instansi yang dipimpin Imam Jauhari.

"Memang ini adalah momen bersejarah. Setelah sekian lama, rasanya baru kali ini kami turun langsung ke daerah terluar Jatim untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Kadiv Yankumham Subianta Mandala yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari, Senin (12/6/2023).

Diterangkan, potensi SDM dan SDA Pulau Kangean perlu ditangani secara spesifik agar memiliki nilai tambah. Berkaca dari negara-negara maju kini sudah tidak bergantung pada sumber daya alamnya.

"Melainkan mulai menggunakan Kekayaan Intelektual sebagai sumber peningkatan perekonomian. Sektor usaha masyarakat juga perlu diperhatikan legalitasnya," tegas Subianta.

Dengan legalitas yang kuat maka warga Kepulauan Kangean semakin mampu berkompetisi secara mandiri. Seiring dengan kemandiriannya itu mereka juga mampu melakukan perjalanan antar negara dengan menggunakan dokumen perjalanan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Salah satu warga yang memanfaatkan layanan keimigrasian adalah Nuati. Warga Desa Paseraman, Arjasa itu memanfaatkan layanan perekaman data untuk penerbitan paspor yang diberikan Kanim Pamekasan.

"Alhamdulillah kami sangat terbantu karena kami membutuhkan paspor untuk Umrah," ujar perempuan 54 tahun itu.

Baca juga:
BPK Sebut Sistem Pengendalian Internal di Kemenkumham Jatim Semakin Baik

Warga yang lain adalah Muhammad Sufyan. Selain mengurus paspor, dia juga memanfaatkan layanan konsultasi kekayaan intelektual.

"Sebagai guru, kami membutuhkan layanan untuk mendaftarkan karya-karya murid kami, pelayanan ini sangat membantu," ujar guru di MTs Al Hidayah itu.

Sementara itu, Camat Arjasa Husairi Husein menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kegiatan yang telah digelar Kanwil Kemenkumham Jatim. Menurutnya, sosialisasi ini sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kangean.

Baca juga:
Ketika FKM Unair dan Malaysia Abdikan Diri untuk Warga Sumenep

"Terima kasih atas perhatian yang diberikan, apalagi kami sangat perlu sekali pelayanan terkait keimigrasian dan pewarganegaraan," tuturnya.

Dalam kegiatan itu, pihak Kanwil Kemenkumham Jatim juga memberikan surat pencatatan hak cipta musik kepada Husairi. Yaitu atas musik yang diciptakannya dan dipersembahkan untuk Kakanwil Kemenkumham Jatim. Dengan judul Nambei Kerrong yang artinya "Yang Dinanti-nanti."

 

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan
Ekonomi

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga mulai dari Rp 100.000 nett/orang di Nira Restaurant," kata Chef Executive ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Petrus Nyo.